Breaking News:

Berita Belitung

Penghobi Tanaman Hias Aully Amarta Manfaatkan Pekarangan Rumah untuk Tanaman Seharga Jutaan Rupiah  

Aneka tanaman hias jenis daun-daunan berjajar rapi di teras hingga pekarangan rumah warga Desa Air Merbau, Tanjungpandan, Belitung, Aully Amarta. Pemu

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Koleksi tanaman hias milik Aully Amarta di pekarangan rumahnya, Senin (27/9/2021). (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Aneka tanaman hias jenis daun-daunan berjajar rapi di teras hingga pekarangan rumah warga Desa Air Merbau, Tanjungpandan, Belitung, Aully Amarta. Pemuda ini sudah 12 tahun menjadi penghobi tanaman hias.

Kepada posbelitung.co, ia menunjukkan satu per satu koleksi tanaman hias miliknya. Misalnya satu jenis philodendron dengan daun memanjang dan bergerigi.

Tanaman ini harganya terbilang mahal, karena di pasaran per lembar daunnya berkisar antara Rp 200 ribu sampai Rp 350 ribu. Sementara koleksi miliknya, philodendron ini sudah memiliki enam daun.

"Kalau segini sekitar satu jutaan. Hampir setahun (dimiliki)," ucapnya, Senin (27/9/2021).

Yang membuat tanaman hias philodendron ini unik karena warna daunnya yang kekuningan. Sehingga berbeda dengan jenis biasa yang daunnya berwarna hijau.

Aully juga memiliki beragam jenis tanaman philodendron yang memang tengah naik daun. Seperti philodendron gloriosum, xanadu, marble, king congo, dan black cardinal. Yang bikin philodendron gloriosum spesial, katanya, karena ukuran daunnya yang lebar bisa sampai 50 sentimeter jika media tanamnya besar.

"Saat philodendron naik daun, jenis (gloriosum) ini juga naik. Kalau sudah besar harganya berkisar Rp 800 ribu sampai Rp 1 juta," jelasnya.

Dia juga menunjukkan aneka koleksi tanaman keladi atau caladium. Termasuk juga anthurium variegata, aglaonema, aneka sansiviera, serta beragam tanaman hias lain. 

Dari hobinya mengoleksi tanaman hias, pemuda ini juga menjadikan hobi ini untuk menghasilkan rupiah dengan membuat taman hingga jual langsung tanaman hias.

Perawatannya pun terbilang gampang jika sudah mengetahui karakteristik tanaman. Seperti ada jenis tanaman yang harus terkena sinar matahari langsung atau pun tidak. Media tanamnya pun harus disesuaikan.

Terutama saat 2020, kata dia, saat tanaman hias menjadi buruan banyak orang. Tanaman hias miliknya pun banyak laris manis diburu para ibu-ibu penghobi tanaman.

"Karena tidak ada kegiatan, jadi banyak yang hobi kembang buat dipelihara di rumah. Yang paling dicari miana yang daun-daunnya warna warni, jenis-jenis keladi juga," imbuhnya.

Sementara itu, saat ini Aully mengatakan penjualan tanaman hias lokal memang sudah menurun. Namun kalau pengiriman ke luar daerah masih stabil.(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved