Breaking News:

Berita Belitung Timur

Belitung Timur Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2021

Pertama kalinya Belitung Timur mendapatkan penghargaan dari Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Anugerah Parahita Ekapraya

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Khamelia
Posbelitung
Kepala Bappelitbangda Kabupaten Beltim, Bayu Priyambodo 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pertama kalinya Belitung Timur mendapatkan penghargaan dari Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2021.

Penghargaan ini terkait dengan kemampuan Pemkab Belitung Timur menyinergikan tujuh aspek pembangunan melalui strategi pengarusutamaan gender.

Ditemui posbelitung.co, Senin (4/10/2021), Kepala Bappelitbangda Belitung Timur Bayu Priyambodo mengatakan ini penghargaan kedua yang diterima oleh Kemen-PPA setelah Kabupaten Layak Anak. Dengan diraihnya APE ini membuktikan Belitung Timur menunjukkan komitmennya dalam pencapaian kesetaraan gender di daerah, termasuk pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

"Pemerintah Belitung Timur dianggap mampu oleh Pemerintah pusat dalam pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, khususnya di daerah. Lebih jauh, urusan pengarusutamaan gender juga telah diatur dalam Perpres nomor 9 tahun 2000," kata Bayu.

Bayu menjelaskan tujuh indikator penilaian yang melatarbelakangi diraihnya penghargaan tersebut adalah komitmen berupa perda, kebijakan berupa RPJMD dan renstra OPD, kelembagaan yaitu pembentukan pokja, SDM dan anggaran, alat analisis gender, data gender, dan partisipasi masyarakat.

Bayu yang juga menjadi Ketua Gugus Tugas dalam Pokja Pengarusutamaan Gender berupaya akan meningkatkan status dari Pratama menjadi Madya. Salah satunya tetap memasukkan indikator-indikator pemberdayaan perempuan masuk dalam indikator utama RPJMD sekaligus masuk dalam renstra.

"Kalau bisa kita tingkatkan lagi ke depannya. Kalau sudah masuk renstra, otomatis anggarannya juga mendukung. Renstra tidak hanya di Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan, tapi OPD yang juga terkait dengan pemberdayaan perempuan dan anak," kata Bayu.

Bayu menambahkan sejauh ini gugus tugas sudah sering memberikan pelatihan tentang pengarusutamaan gender agar lebih aktif dalam hal kesetaraan perempuan, perempuan dalam politik, perempuan dalam wirausaha, dan perempuan dalam ormas.

"Komitmen ke depan Pemetintah Belitung Timur tetap mengoordinir perangkat daerah dan stakeholder terkait serta kelompok-kelompok perempuan agar lebih aktif supaya ke depan bisa ditingkatkan ke level Madya," tutup Bayu. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved