Breaking News:

Berita Belitung Timur

OPM 2021, Satlantas Polres Beltim Catat 438 Pelanggar, Turun Dibandingkan Tahun Lalu

Selama dua pekan pelaksanaan sejak Senin (20/9/2021) lalu, Satlantas Polres Belitung Timur banyak melaksanakan tindakan preventif

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Khamelia
Istimewa/Dokumentasi Satlantas Polres Beltim
Kasat Lantas Polres Belitung Timur, AKP Sugraito, mengimbau pengendara jalan agar tertib berlalu lintas di Pos Lantas Kota Manggar, Minggu (3/10/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Operasi Patuh Menumbing (OPM) 2021 di Belitung Timur berakhir Minggu (3/10/2021) pukul 24.00 WIB. Selama dua pekan pelaksanaan sejak Senin (20/9/2021) lalu, Satlantas Polres Belitung Timur banyak melaksanakan tindakan preventif dan preemtiv ke masyarakat. Misalnya mengedukasi masyarakat tentang tertib lalu lintas hingga melaksanakan vaksinasi covid-19 kepada 200 pengguna jalan yang kebetulan melintas dan belum divaksinasi.

Kepada posbelitung.co, Senin (4/10/2021), Kasat Lantas Polres Belitung Timur AKP Sugraito didampingi KBO Satlantas Polres Belitung Timur Ipda Denny Pratama mengatakan dalam OPM 2021 ini pihaknya berhasil mencatat pelanggaran sebanyak 438 perkara yang terdiri dari 315 tilang dan 123 teguran. Pelanggaran tersebut diketahui menurun jauh dari OPM tahun sebelumnya yaitu 610 perkara dengan 301 tilangan dan 309 teguran.

Dia mengatakan penurunan angka pelanggaran ini dipengaruhi oleh makin sadarnya pengguna jalan dalam melengkapi surat-surat berkendara dan makin tertib berlalu lintas.

"Terima kasih kepada para pengguna jalan yang sudah tertib. Namun, angka ini masih kami nilai tinggi dan kami akan berusaha terus mengedukasi masyarakat supaya ke depan bisa lebih menurun lagi," kata AKP Sugraito kepada posbelitung.co, Senin (4/10/2021).

Dari 438 pelanggaran itu, didominasi oleh pelanggaran tidak memakai helm yang berstandar nasional sebanyak 205 perkara. Selebihnya yaitu pelanggaran lain-lain, seperti penggunaan knalpot brong sebanyak 95 perkara. Dalam masa OPM 2021 ini juga terdapat satu kecelakaan lalu lintas dengan satu orang meninggal dunia.

Lebih jauh, AKP Sugraito juga bilang bahwa pada awal masa OPM 2021 terdapat antrean panjang kendaraan di seluruh SPBU di Belitung Timur. Dalam hal tersebut, lanjutnya, personel Satlantas Polres Belitung Timur ditempatkan untuk menjaga arus lalu lintas sehingga tidak menimbulkan risiko kecelakaan lalu lintas.

"Di masa pandemi ini kami juga aktif melakukan imbauan mematuhi protokol kesehatan kepada para pengguna jalan supaya terhindar dari paparan virus corona," katanya.

Kasat Lantas berharap para pengguna jalan tetap tertib berlalu lintas walaupun sudah tidak dalam masa Operasi Patuh Menumbing. Karena menurutnya, mematuhi seluruh aturan berlalu lintas otomati menyanyangi keluarga di rumah yang sedang menunggu di rumah. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved