Breaking News:

Berita Belitung Timur

'Paksa' ASN Bekerja Maksimal Layani Masyarakat, Burhanudin Melantik 129 Pejabat Fungsional

Bupati Belitung Timur Burhanudin melantik 129 ASN di lingkungan pemerintahannya menjadi pejabat fungsional

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: nurhayati
Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Suasana pelantikan pejabat fungsional ASN Pemkab Belitung Timur, Selasa (5/10/2021) di Auditorium Zahari MZ. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Bupati Belitung Timur Burhanudin melantik 129 ASN di lingkungan pemerintahannya menjadi pejabat fungsional, Selasa (5/10/2021) di Auditorium Zahari MZ.

Sebelumnya mereka adalah pejabat di bagian administrasi yangmenurut Burhanudin birokrasi berbelit-belit.

Ditemui seusai acara, Burhanudin menyatakan pelantikan ini bertujuan untuk menyederhanakan hal tersebut.

Sebab, lanjutnya, perintah Presiden Jokowi pun seperti itu ketika dilantik sebagai presiden yang menginginkan penyederhanaan birokrasi dan disederhanakan menjadi dua level serta diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian dan kompetensi.

Burhanudin menilai penyederhanaan birokrasi sangat penting karena struktur organisasi mencerminkan bagaimana strategi dalam mencapai tujuan organisasi.

Baca juga: Detik-Detik Penambang Disambar Petir, Saptono Terkapar dan Meninggal, Maryono Pingsan Alami Trauma

Baca juga: Lelaki Tergeletak Tak Bernyawa, Luka Berat di Kepala

Ia menilai semakin besar dan panjang struktur birokrasi, maka akan berdampak pada peningkatan beban bagi pemerintah dan stakeholder terkait, yang salah satunya membentuk titik-titik kekuasaan yang berpotensi menimbulkan konflik kepentingan yang mengarah pada tindakan fraud  (penipuan) atau koruptif.

"Hal ini juga otomatis akan berdampak terhadap pelayanan terhadap masyarakat. Kami ingin birokrasi yang mudah dan masyarakat tidak dipusingkan dengan birokrasi yang panjang," kata Burhanudin didampingi Wakil Bupati Khairil Anwar, Sekda Ikhwan Fakhrozi, dan Kepala BKPSDM Yuspian.

Menurutnya, perubahan ini juga sedikit banyak memaksa ASN agar bekerja sebaik-baiknya karena semakin mereka bekerja dengan baik maka Tunjangan Penghasilan Pegawau (TPP) nya juga akan tinggi, begitu pun sebaliknya.

Dia menyebutkan, bahwa ini merupakan tantangan bagi para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang harus beradaptasi dengan sistem dan paradigma baru serta benar-benar memperhatikan keberadaan jabatan fungsional di instansinya.

Burhanudin ingin pimpinan OPD memberikan ruang kepada pemangku jabatan fungsional untuk terus berkreasi dan berinovasi serta melakukan pengembangan karir sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang diembannya.

Namun dia menyayangkan pada kenyataannya banyak pejabat yang takut akan kehilangan jabatan, keengganan untuk melakukan perubahan besar, serta tidak mau berpikir komprehensif untuk menata kembali sistem birokrasi agar lebih efektif.

"Saya tekankan lagi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini bertujuan untuk mengisi kebutuhan jabatan fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, serta utamanya untuk persiapan penyederhanaan birokrasi berdasarkan Permenpan RB Nomor 17 Tahun 2021 tentang penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional. Bukan alasan lain," tegasnya.

Baca juga: Marah Diputusin, Pemuda Nekat Aniaya Kekasihnya, Korban Luka Lebam Pelaku Didatangi Tim Kuda

Baca juga: Harga Timah Melambung Penjualan Motor di Belitung Timur Laris Manis Meski lagi Pandemi Covid-19

Burhanudin berharap dengan dilantiknya mereka ini bisa jadi salah satu upaya menciptakan birokrasi yang lebih dinamis dan profesional sehingga perlu adanya inovasi bagi organisasi pemerintah dalam menghadapi permasalahan publik yang semakin kompleks dengan pelayanan yang cepat, tepat, efektif, dan kaya manfaat.

"Untuk itu kepada para ASN yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya sebagai Pejabat Fungsional, saya ucapkan selamat bekerja. Laksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai dengan tanggungjawab yang diemban. Terus tingkatkan kompetensi, kapasitas, dan kualifikasi yang dimiliki sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik sesuai dinamika yang berkembang di tengah masyarakat Belitung Timur," pesan Burhanudin. (Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved