Breaking News:

Berita Belitung

Petugas Khawatir Temukan Limbah Medis di UPT TPA Gunung Sadai

Limbah medis itu ditemukan pada tahun 2020, dan membuat petugas kebersihan sangat khawatir, lantaran limbah  bercampur dengan sampah biasa

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Khamelia
Pos Belitung/Lisa Lestari
Satu unit mobil pengangkut sampah, Selasa (5/10/2021) sedang membuang sampah di TPA Gunung Sadai, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG -- Di tengah tingginya tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Gunung Sadai, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung, petugas kebersihan yang ada di area itu sempat menemukan limbah medis rumah sakit.

Limbah medis itu ditemukan pada tahun 2020, dan membuat petugas kebersihan sangat khawatir, lantaran limbah  bercampur dengan sampah biasa.

"Tapi waktu itu langsung kami koordinasikan kepada pihak rumah sakit, dan kami kembalikan kepada pihak rumah sakit, karena kami tidak punya kewenangan untuk memusnahkan barang itu," kata Kepala UPT TPA Gunung Sadai Supardi kepada Posbelitung.co, Selasa (5/10/2021).

Petugas RSUD H Marsidi Judono Belitung, kata dia, ketika petugas kebersihan menemukan limbah medis itu, langsung di undang ke TPA Gunung Sadai.

"Mereka ke sini untuk lihat kondisi fisik yang sebenarnya. Kemungkinan tertumpuk dan kemudian dibawa kontainer, tapi hanya sekali itu sampai sekarang tidak ada," ujarnya.

Selain limbah medis, lanjut dia, yang kini menjadi kekhawatiran petugas kebersihan, limbah masker. Lantaran limbah masker ini dibuang tergabung dengan sampah lainnya.

Seharusnya, untuk limbah masker tersebut dibuat pada tumpukan terpisah atau satu kantong plastik. Sehingga tidak membahayakan petugas kebersihan.

"Jadi kami dan teman-teman di sini selalu ada kekhawatiran soal itu, maka dari saya selalu ingatkan kepada kawan - kawan di sini, agar lebih meningkatkan ke waspadaan. Tapi istilahnya kami hanya bisa melihat saja," pungkasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved