Breaking News:

Berita Belitung Timur

DPMPTSPP Beltim Gandeng Dekranasda Adakan Kegiatan Pelatihan Batik Rembuding

Tujuan dari kegiatan ini adalah peserta yang mengikuti pelatihan diharapkan mampu untuk memahami teknis pembuatan batik dengan penggunaan pewarna

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Khamelia
Ist.DiskominfoBeltimTasya
Suasana pelatihan batik tulis pewarna alami dan sintetis bagi batik Rembuding di Sanggar Batik Desa Buding, Kecamatan Kelapa Kampit, Rabu (6/10/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG – Rabu (6/10/2021) Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan (DPMPTSPP) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menggandeng Dekranasda Beltim adakan kegiatan pelatihan batik tulis pewarna alami dan sintetis bagi batik Rembuding di Sanggar Batik Desa Buding, Kecamatan Kelapa Kampit.

Kepala DPMPTSPP Beltim Liatim dalam sambutannya, mengatakan bahwa maksud dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan dan menambah ilmu pengetahuan dan keterampilan bagi pengrajin batik dengan penggunaan pewarna sintetis maupun penggunaan warna alami yang ada di Kabupaten Belitung Timur. 

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah peserta yang mengikuti pelatihan diharapkan mampu untuk memahami teknis pembuatan batik dengan penggunaan pewarna sintetis maupun warna alami dan bisa memanfaatkan potensi warna alam yang ada di daerah Beltim.

“Saya sampaikan untuk tahun 2021, ini adalah pelatihan batik yang kedua kali, yang pertama kemaren di desa Mekar Jaya untuk kelompok Batik Mangrove, yang keduanya disini, batik Rembuding,” ujar Liatim seperti dalam rilis Diskominfo Beltim kepada posbelitung.co, Rabu.

Dalam pelatihan Batik Rembuding ini, DPMPTSPP dan Dekranasda mendatangkan Tenaga Instruktur/Narasumber dari Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur (Jatim), yaitu Ibu Tiwi Pontjowati Pimpinan Alya Batik Kabupaten Trenggalek Provinsi Jatim.

“Mudah-mudahan nanti ibu-ibu disini dalam membatiknya mengalami peningkatan dibantu oleh ibu Narasumber, jadi batiknya lebih nampak indah, nampak halus sehingga nanti kualitasnya lebih baik,” harap Liatim.

Liatim juga turut menjelaskan bahwa kedepan, Dinasnya dan dari pihak Desa Buding akan menindaklanjuti hasil pelatihan dan akan terus melakukan pendampingan sehingga kegiatan ini tidak sebatas pelatihan saja.

Turut hadir dalam acara pembukaan pelatihan batik tulis pewarna alami dan sintetis Batik Rembuding, Ketua Dekranasda Beltim, Purwenda Puspitasari dalam arahannya turut memberikan dorongan semangat dan motivasi kepada para peserta pelatihan Batik Rembuding serta menghimbau para peserta pelatihan untuk tetap menegakkan protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung.

“Semangat mengikuti rangkaian pelatihan untuk para peserta pelatihan Batik Rembuding, jangan sampai karena Pandemi jadi menghambat aktivitas pelatihan yang sangat bermanfaat ini,” kata wanita yang akrab disapa Wenda ini.

Wenda juga mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan pelatihan ini mampu meningkatkan pemahaman dan kemampuan para peserta pelatihan Batik Rembuding dengan harapan akan memberikan kontribusi dalam kegiatan produksi Batik Rembuding dan tujuan dari kegiatan ini bisa tercapai yaitu untuk melestarikan budaya daerah Beltim dengan mengangkat motif khas daerah sebagai ciri khas Batik produksi Beltim. 

Wenda juga menambahkan bahwa Dekranasda siap menampung komoditas hasil produksi batik dari pengrajin untuk dipasarkan di tingkat Kabupaten maupun di luar Kabupaten Beltim, serta Dekranasda siap membantu Pemerintah Daerah untuk mengembangkan kualitas batik. 

“Dan harapan kami dari Dekranasda dengan adanya kegiatan ini, ibu-ibu disini bisa lebih mandiri lagi, tidak takut gagal serta bisa meningkatkan produksi batiknya dan bisa dipromosikan sehingga diharapkan nanti kedepan bisa membuka lapangan pekerjaan,” kata Wenda.

Kegiatan pelatihan Batik Rembuding ini diadakan dari tanggal 6-15 Oktober 2021, dan diikuti oleh 10 peserta yang berasal dari Desa Buding, yang merupakan gabungan dari pemuda Karang Taruna Desa Buding serta anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Buding. (posbelitung.co/BryanBimantoro/*)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved