Breaking News:

Kuliner Belitung

Gangan Linggang Bakal Ramaikan HUT ke-150 Kota Manggar

Siapa yang tak pernah makan gangan? Orang Pulau Belitung dan wisatawan yang pernah ke sini pasti pernah merasakan gangan

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Khamelia
(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Juru Masak Kik Banjour saat menyajikan Gangan Belitung cita rasa otentik (tengah), Jumat (8/10/2021) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Siapa yang tak pernah makan gangan? Orang Pulau Belitung dan wisatawan yang pernah ke sini pasti pernah merasakan gangan. Sup ikan berkuah kuning ini pasti meninggalkan kesan tersendiri bagi setiap penikmatnya. Namun, apakah kamu pernah merasakan cita rasa otentik gangan yang sesungguhnya?

Jika belum, inilah kesempatanmu! Pada hari peringatan Hari Jadi Kota Manggar ke-150 besok Sabtu (9/10/2021) bakal disajikan gangan otentik tersebut. Hanya berbahan baku tiga bumbu atau warga lokal menyebutnya 'bumbu tige' yaitu cabe, serai, dan kunyit.

Posbelitung.co berkesempatan lebih dulu mencicipi gangan otentik itu hari ini, Jumat (8/10/2021). Gangan itu dimasak oleh juru masak Dwi alias Kik Banjour dari Komunitas Manggar Berdaya. Saat dicicipi, rasa gangan ini memang berbeda dari gangan yang kebanyakan beredar saat ini. Rasa gangan ikan linggang ini sangat ringan namun tetap kaya rasa walaupun bumbunya hanya tiga macam. Tidak ada yang terlalu dominan ataupun terlalu minor dalam komposisi rasanya; sangat pas.

Saat ditanya apa rahasianya bisa selezat itu walaupun minim bumbu terletak pada ditambahkannya daun melintangen. Daun itu hanya terdapat di Belitung bagian selatan dan sangat terbatas. Daun itu juga yang menjadi pengganti sentuhan bawang di gangan otentik tersebut karena punya aroma seperti bawang.

"Masyarakat bisa membelinya di stand kami besok mulai pukul 10.00 WIB. Dibuat terbatas jadi jangan sampai kehabisan," kata Kik Banjour, Sabtu.

Selain gangan, acara HJKM ke-150 juga bakal dimeriahkan dengan stand pameran produk UMKM dari setiap desa di Kecamatan Manggar. Mulai dari makanan basah, kering, sampai kudapan-kudapan khas Manggar bakal mewarnai hari peringatan.

Ditemui di tempat yang sama, Camat Manggar Abdul Rachim didampingi Pemerhati Budaya Hasbullah alias Kik Tapa mengatakan ada beberapa acara yang menjadi inti peringatan besok. Beberapa di antaranya adalah potong pita pengiriman satu ton madu asli produksi petani madu Belitung Timur ke Jambi, peresmian Pondok Baca Digital, peresmian warkop PATEN, makan bersama, hingga doa bersama.

"Pengiriman madu satu ton ini menjadi bigstone step dan sebagai tanda bahwa Kota Manggar dan Belitung Timur umumnya bisa menjadi produsen madu trigona terbesar di Indonesia. Terlebih ada bantuan dari Gubernur yaitu mesin pengolahan madu yang bisa membuat kadar air di madu trigona jadi bisa diatur sesuai permintaan," jelas Abdul.

Dia ingin ke depan madu menjadi entitas unggulan dari Belitung Timur khususnya Kota Manggar. Sebab dia bilang produksi madu trigona di Belitung Timur sangat tinggi sehingga harus bisa jadi peluang ekonomi baru nagi masyarakat Belitung Timur.

Lebih jauh, Abdul mengatakan tema yang diambil dalam peringatan HJKM tahun ini yaitu Kota Manggar Tangguh dan Tumbuh. Dia menjelaskan artinya di masa pandemi sekarang ini masyarakat harus bisa tangguh menghadapi segala cobaan dan tidak mudah putus asa. Sedangkan tumbuh yaitu dimaknai dengan harus bangkitnya sektor UMKM di Belitung Timur sehingga bisa memulihkan ekonomi masyarakat.

Dia berharap dalam momen HJKM ke-150 ini bisa menjadi titik memulai kembali kehidupan yang berdampingan dengan virus corona. Karena saat ini pihaknya pun sangat gencar melakukan percepatan program vaksinasi covid-19 bagi rakyatnya.

"Dengan vaksinasi kita bisa segera mencapai herd immunity. Setelah adanya itu insyaallaah berbarengan ekonomi dan sektor lain di Belitung Timur bisa bergerak kembali," harap Abdul sembari menjamin pelaksanaan acara besok bakal tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved