Breaking News:

Berani Surati Kapolri, Brigjen Junior Tumilaar Pertaruhkan Jabatan, Kini Staf Khusus KASAD Andika

Brigjen TNI Junior Tumilaar tak menyesali perbuatannya hingga akhirnya dicopot dari jabatannya karena telah berani menyurati Kapolri

Editor: Hendra
(Tangkap Layar Website KODAM XIII/MERDEKA)
Brigjen TNI Junior Tumilaar 

POSBELITUNG.CO -- Berani menyurati Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Brigjen TNI Junior Tumilaar tahu jabatannya menjadi taruhannya.

Dari awal ia mengaku sadar dan tahu bakal dipersalahkan pimpinan.

Dugaannya pun tak meleset, ia kemudian dicopot dari jabatannya sebagai Inspektur Kodam XIII Merdeka.

Atas kejadian yang dialaminya, Junior mengaku tak menyesali perbuatannya.

Ia menilai apa yang dilakukannya adalah perbuatan yang benar.

"Ya, kita kan didik. Ada namanya peraturan militer dasar, di antaranya hukum pidana tentara, hukum disiplin tentara. Itu kan sudah diajarkan sejak pendidikan pertama. Itu peraturan militer dasar. Saya sudah perkirakan pasti saya melanggar, saya sadar itu," ujar Junior, dikutip dari Kompas TV, Sabtu (9/10/2021).

"Tapi demi negara ini, boleh saja kan saya melakukan sesuatu yang lebih besar dan saya yakini jadi bahan masukkan. Kalau kita namanya bertempur, berperang ada sesautu yang dikorbankan." ucap Junior menambahkan.

Untuk diketahui, pencopotan Junior terkait surat yang dikirimkannya ke Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang isinya perihal surat panggilan Polri kepada Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan penangkapan rakyat miskin buta huruf oleh anggota Kepolisian Resor Kota Manado.

Junior mengatakan, boleh-boleh saya Babinsa dipanggil untuk dimintai keterangan. Namun, ada tata cara yang harus dilalui.

"Bukan berarti Babinsa tidak boleh dipanggil, boleh, tapi kan tata caranya beri tahu, koordinasikan dengan komandan satuan. Ini tidak dilakukan, ini (malah) dilakukan berdasarkan laporan," ujar Junior.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved