Breaking News:

Berita Belitung Timur

Istimewa! HUT ke-150 Kota Manggar Dihadiri Wakil Menteri ATR/BPN RI, Ini Pesan dan Harapannya

DPRD Belitung Timur melaksanakan Rapat Paripurna Hari Jadi Kota Manggar ke-150 tahun, Sabtu (9/10/2021) di Ruang Sidang DPRD

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Khamelia
(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Preskon seusai Rapat Paripurna HJKM ke-150 Kota Manggar, Sabtu (9/10/2021) oleh Wamen ATR/BPN Surya Tjahya, Bupati Burhanudin, Wabup Khairil, dan Ketua DPRD Fezzi Uktolseja. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - DPRD Belitung Timur melaksanakan Rapat Paripurna Hari Jadi Kota Manggar ke-150 tahun, Sabtu (9/10/2021) di Ruang Sidang DPRD. Ada yang unik dari peringatan tahun ini yaitu hadirnya pejabat tinggi negara Republik Indonesia dalam sidang paripurna. Dia adalah Wakil Menteri Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra.

Dia memakai pakaian batik dengan getang atau ikat kepala khas Belitung serta selendang selamat datang secara khusyuk mengikuti jalannya sidang.

Ditemui usai rapat paripurna, Surya mengaku bangga bisa mengikuti salah satu acara penting di Manggar dan Belitung Timur umumnya.

Dia bilang 150 tahun bukan waktu sebentar dalam menciptakan suatu daerah yang multikultur, pluralisme yang beragam, dan toleransi yang tinggi.

"Itu semua bisa kita temui di Kota Manggar Belitung Timur. Selamat ulang tahun kepada Kota Manggar semoga ke depan bisa terjaga dan selalu seperti ini. Lalu di masa pandemi ini semoga bisa melewati masa-masa ini dengan semangat dan mampu memulihkan ekonomi masyarakat," kata Surya.

Lebih jauh, dia mengatakan Belitung Timur merupakan daerah kecil yang banyak menghasilkan tokoh besar. Surya mengatakan akan melihat apa program startegis nasional yang bisa dikerjakan dan masuk ke sini, seperti redistribusi tanah, konsolidasi tanah, atau lainnya.

Menurutnya ada satu hal unik di Negeri Laskar Pelangi ini yaitu banyak lahan yang merupakan belas tambang. Namun, lanjutnya, lahan-lahan itu ada yang bisa dirawat dan ada yang rusak.

"Jadi ke depan kita akan meriset tentang strategi pengembangan lahan-lahan bekas tambang ke depan. Jangan dibiarkan terlantar tapi tetap dimanfaatkan secara aman karena bekas tambang pasti ada bahan logam berbahaya. Kombinasi tersebut yang akan kita eksplor," kata Surya.

Di tempat yang sama, Bupati Belitung Timur Burhanudin mengatakan suatu keistimewaan tahun ini bisa dihadiri pejabat tinggi negara. Dia mengatakan ini adalah pertama kali peringatan HUT Kota Manggar dihadiri Wakil Menteri.

Burhanudin berharap dengan hadirnya Wakil Menteri ATR/BPN dalam peringatan HUT ke-150 Kota Manggar bisa membawa angin segar bagi kemajuan sektor agraria di Belitung Timur.

"Dengan kehadirannya semoga masalah-masalah pertanahan kita bisa dipecahkan dan hak-hak masyarakat atas tanah bisa dipenuhi. Lebih dari itu, kami Pemkab Beltim berharap program-program strategis nasional bisa masuk ke Belitung Timur," kata Burhanudin seraya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas kedatangan Wamen ATR/BPN. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved