Breaking News:

Berita Belitung

Dua Pekan Vaksin DPT di Belitung Kosong, Imunisasi kepada Bayi Ditunda Dulu

Kami sudah minta ke Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung, tapi mereka pun belum bisa memastikan. Biasanya kalau provinsi stoknya kosong

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Khamelia
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Joko Sarjono, Jumat (11/6/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Sekitar dua pekan vaksin difteri, pertusis, dan tetanus (DPT) untuk bayi di Belitung kehabisan stok. Hal ini dibenarkan Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Joko Sarjono, Senin (11/102/2021). 

"Kami sudah minta ke Dinas Kesehatan Provinsi Bangka Belitung, tapi mereka pun belum bisa memastikan. Biasanya kalau provinsi stoknya kosong, memang dari pusat juga kosong," katanya. 

Pemberian imunisasi ini dilakukan untuk melindungi anak dari penyakit difteri, pertusis, dan tetanus. Pemberian vaksin DPT dosis 1-3 diberikan ketika anak berusia 2, 3, dan 4 bulan atau 2, 4, dan 6 bulan.

Imunisasi ini, lanjut Joko, diberikan tiga kali sampai bayi menginjak usia 9 bulan. Setelah 9 bulan, imunisasi ini tidak lagi diberikan karena menyusul pemberian vaksinasi lain seperti campak.

"Sebelum 9 bulan masih boleh. Kalau sekarang masih ditunda dulu, mundur tidak apa-apa asal jangan sampai berbulan-bulan," jelas dia.

Kekosongan vaksin DPT untuk bayi juga terjadi dibeberapa kabupaten/kota di Bangka Belitung. Seperti diberitakan di bangkapos.com, kondisi serupa juga terjadi di Pangkalpinang.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr Masagus M Hakim, kekosongan vaksin DPT bukan hanya di Pangkalpinang saja, namun dialami secara nasional.

"Kalau kosongnya karena apa kami belum tahu ditingkat pusat karena apa, DPT milik program nasional sejak September sudah kami ajukan permintaan ke pusat melalui Dinkes Provinsi namun memang belum ada jawaban dan pengiriman logistik baru," ujarnya. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved