Breaking News:

Berita Belitung

Musim Gelombang Besar, Masyarakat Dua Pulau Kecil di Belitung Belum Divaksinasi Covid-19

Vaksinasi Covid-19 terus berlangsung di Belitung, yakni sampai saat ini sekitar 63 persen sasaran telah menerima vaksin dosis pertama.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Khamelia
(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Wakapolres Beltim Kompol Agus Handoko memantau jalannya pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Polres Beltim beberapa waktu lalu. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Vaksinasi Covid-19 terus berlangsung di Belitung, yakni sampai saat ini sekitar 63 persen sasaran telah menerima vaksin dosis pertama.

Selain di kecamatan, vaksinasi juga dilakukan di sejumlah pulau-pulau kecil seperti Pulau Seliu, Pulau Mendanau, dan Gersik. Namun vaksinasi Covid-19 masih belum dilakukan terhadap warga didua pulau kecil. 

"Masih ada dua pulau yang belum, yakni Pulau Kuil dan Pulau Sumedang. Saat ini masih dikoordinasikan apakah mereka divaksin ketika datang ke Tanjungpandan atau seperti apa," ujar Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Joko Sarjono, Selasa (12/10/2021). 

Menurutnya, ada beberapa pertimbangan untuk melakukan vaksinasi langsung di pulau-pulau tersebut. Seperti kondisi gelombang besar yang menyulitkan tenaga kesehatan mendatangi lokasi. Termasuk keamanan vaksin jika terlalu lama diperjalanan. 

"Vaksin ini perlu dijaga agar dalam suhu yang tepat selama perjalanan agar suhunya tidak naik. Ini juga masih menjadi pertimbangan sehingga nanti akan dikoordinasikan lagi," tambahnya. 

Menurut Joko, pada Oktober ini capaian vaksinasi Covid-19 terus meningkat. Ia optimistis Belitung akan segera mencapai herd immunity yakni penyuntikan vaksin minimal 70 persen dari sasaran yang ada.

Dari sasaran yang tersisa, capaian vaksinasi kini memang cenderung melambat. Makanya, metode door to door dilakukan agar memudahkan masyarakat mengakses vaksin. Namun, menurutnya cakupan vaksinasi Covid-19 di Belitung termasuk tertinggi kedua se-Bangka Belitung.

Berdasarkan data per 12 Oktober 2021, sebanyak 92.755 orang atau 63,96 persen sasaran menerima vaksin dosis pertama. Sementara 55.917 atau 38,56 persen menerima vaksin dosis kedua. 

Dari lima sasaran, empat di antaranya yakni tenaga kesehatan, pelayan publik, masyarakat umum dan rentan, dan remaja capaiannya telah lebih dari 50 persen. Hanya pada sasaran lansia yang masih 43,14 persen atau 5.820 yang menerima vaksin dosis pertama. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari) 

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved