Breaking News:

Berita Belitung Timur

Penambang di Belitung Timur Tewas Setelah Tertimbun Tanah saat Mencari Timah

Seorang penambang bernama Juandi berusia 59 tahun meninggal dunia setelah tertimbun tanah saat mencari timah, Rabu (13/10/2021) sore

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Khamelia
(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Kapolsek Gantung AKP Wawan Suryadinata. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Seorang penambang bernama Juandi berusia 59 tahun meninggal dunia setelah tertimbun tanah saat mencari timah, Rabu (13/10/2021) sore sekitar pukul 14.00 WIB.

Dia menambang timah sendirian di lokasi penambangan di Kulong Pelaik HLP Gusong Cine, Desa Batu Penyu, Gantung, Belitung Timur.

Kapolsek Gantung AKP Wawan Suryadinata mengatakan awalnya korban pergi nyuntik ke lokasi sendirian. Lalu pukul 14.00 WIB dua temannya ingin menyusul ke lokasi yang sama yaitu Sopiansari (54) dan Zanihari (58). Namun, saat mereka sampai di lokasi tidak dilihatnya keberadaan Juandi.

"Tapi pas mereka sampai mesin masih menyala dan pas temannya ini manggil-manggil tidak ada jawaban. Lalu saksi bertanya ke penambang lain yang tak jauh dari situ tapi penambang lain juga tidak tahu," jelas AKP Wawan kepada posbelitung.co, Rabu (13/10/2021).

Karena penasaran, kata kapolsek, Sopiansari turun ke lokasi yang sudah berisi air dengan kedalaman diperkirakan kurang dari dua meter. Saat meraba ke permukaan tanah, Sopiansari tak sengaja memegang kaki korban dan segera dia naik meminta pertolongan.

"Lalu saksi melapor kepada kami sekitar pukul 17.30 WIB. Diduga korban dalam keadaan jongkok pada saat menambang dan tanah lembek sehingga tanah rawan longsor yang mengakibatkan korban tertimbun tanah," ungkap AKP Wawan yang sebentar lagi akan dilantik menjadi Kasat Reskrim Bangka Tengah itu.

AKP Wawan bilang saat ini korban sudah dimakamkan di pemakaman Al Barqah Desa Batu Penyu sekira pukul 18.15 WIB.

Dia mengimbau kepada para penambang agar berhati-hati saat bekerja. Selalu waspada dan perhitungkan segala kemungkinan. Jangan sampai, katanya, bekerja tapi malah membahayakan diri sendiri.

"Kepada masyarakat Gantung secara umum juga agar selalu hati-hati dalam bekerja atau berkegiatan. Ingat, keluarga tersayang di rumah menunggumu pulang jadi harus menjaga keselamatan diri juga hal yang utama," pesan Kapolsek Gantung. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved