Breaking News:

Berita Belitung Timur

KPU Belitung Timur Tutup Sosialisasi dan Edukasi Pemilih di Kawasan Partisipasi Rendah

KPU Belitung Timur menggelar sosialiasi dan edukasi terhadap pemilih di kawasan yang partisipasinya rendah dan tinggi

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Khamelia
Ist.KPUBeltim
Suasana sosialiasi dan edukasi terhadap pemilih di kawasan yang partisipasinya rendah di Desa Nyuruk, Dendang, Kamis (14/10/2021) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - KPU Belitung Timur menggelar sosialiasi dan edukasi terhadap pemilih di kawasan yang partisipasinya rendah dan tinggi. Kegiatan pertama dilaksanakan di Perumahan Minapolitan, Desa Baru, Manggar pada Selasa (15/6/2021) lalu dan diakhiri di Desa Nyuruk, Dendang pada Kamis (14/10/2021).

Kepala Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia KPU Beltim Nur Asrikhah mengatakan ada beberapa kategori sasaran pelaksanaan kegiatan ini, yaitu kawasan rawan konflik, rawan bencana, pengembangan sosial, partisipasi rendah, dan partisipasi tinggi.

"Di Beltim sendiri secara umum rata-rata partisipasi bagus tapi ada tempat tertentu kesadaran rendah, utamanya terkait pekerjaan dan ekonomi. Kita lihat karakteristik pemilih kita baik itu di darat atau di pesisir," ujar Asrikhah.

Dia mengatakan sosialisasi itu sempat terhenti karena adanya lonjakan pandemi sekitar akhir Juni lalu dan diadakan kembali pada awal Oktober 2021 ini.

Di Kawasan Minapolitan sendiri dia menjelaskan partisipasi sudah bagus namun terhitung cukup rendah dibanding kawasan lain di Manggar. Ia menilai hal tersebut karena banyaknya masyarakat yang pergi kerja melaut padahal sudah tahu ada pemilihan.

"Kalau melaut itu kan tidak satu hari tapi bisa sampai lima hari. Ini yang kami bangun kesadaran masyarakat di sana meminta peran aktif dan perhatian khusus agar saat hari pemilihan diusahakan berada di rumah sehingga bisa ikut mencoblos," kata Asrikhah.

Asrikhah mengatakan kegiatan ini dilaksanakan di enam tempat di empat kecamatan se-Belitung Timur.

"Alhamdulillaah hari ini sudah selesai. Kami harap sosialiasi dan edukasi ini berguna dan ke depannya tingkat partisipasi pemilih dalam pemilu bisa meningkat," harap Asrikhah. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved