Breaking News:

Berita Belitung

Teken Kerja Sama, Gubernur Babel dan Lampung Hubungkan Pelabuhan Sadai dengan Mesuji

Perjanjian kerja sama tersebut tentang fasilitasi penyeberangan antar provinsi dalam rangka meningkatkan pengembangan investasi

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Khamelia
(posbelitung.co /dede s)
Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menunjukan perjanjian kerja sama, Kamis (14/10/2021). 

POSBELITUNG.CO -- Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi secara resmi menandatangani perjanjian kerja sama di ruang pertemuan UPTD Dinas PUPR Belitung pada Kamis (14/10/2021).

Perjanjian kerja sama tersebut tentang fasilitasi penyeberangan antar provinsi dalam rangka meningkatkan pengembangan investasi, perdagangan dan pariwisata.

Salah satu poin kerja samanya akan menghubungkan jalur penyeberangan antara Pelabuhan Sadai dengan Pelabuhan Mesuji.

"Jadi dua pelabuhan ini nantinya akan mempererat dan mengembangkan hal-hal yang berkenaan dengan investasi, pertukaran komoditi dan memajukan pariwisata dari dua provinsi ini," kata Erzaldi kepada posbelitung.co.

Oleh sebab itu, dirinya akan mendorong OPD dan masyarakat untuk memanfaatkan peluang tersebut.

Selain itu, kata dia, kedua BUMD dari masing-masing provinsi juga sudah menandatangani perjanjian kerja sama sebagai tindaklanjut kesepatan dua gubernur.

Namun yang terpenting, Erzaldi ingin mengembalikan kejayaan antara Babel dengan Lampung sewaktu masih berada pada satu wilayah pemerintahan Sumatera Selatan.

"Tadi Pak Gubernur bilang, orang Babel banyak di sana dan menjadi kekuatan ekonomi di Lampung dan sebaliknya. Jadi kekuatan ini lah yang mendorong kami menjalin kerja sama ini," katanya.

Sementara itu, Gubernur Lampung Arinal Junaidi menambahkan Babel dan Lampung memiliki ikatan sejarah yang kuat sewaktu tergabung dalam Provinsi Sumatera Selatan.

Selain itu, kedua wilayah tersebut memiliki budaya yang sama.

"Tadi saya haru, ketika saya disambut dengan tarian yang itu juga ada di kampung saya. Saya sudah bicara dengan Bupati Belitung, tarian ini akan dijadikan suguhan di momen pemerintahan," katanya.

Kemudian, Arinal juga berbicara dari sektor pertanian di Lampung yang berpotensi di wilayah Babel.

Mengingat untuk beberapa hasil pertanian wilayah Lampung sudah berlebih sementara di Babel masih kekurangan pasokan.

Diharapkan kerja sama tersebut, potensi dari sektor pertanian bisa digarap lebih efisien, waktu pengiriman lebih cepat dan tentunya biaya transportasi lebih murah.

"Kami juga sudah dapat persetujuan dari Menteri Perhubungan dan BUMN. Saya juga sudah koordinasi dengan ASDP dan Pelindo," ungkapnya. (posbelitung.co /dede s)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved