Breaking News:

Berita Belitung Timur

TMMD ke-112 di Belitung Timur Ditutup, Akses Jalan ke Wisata Batu Begalang Sudah Bisa Dilalui

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 yang dilaksanakan di Desa Kelubi, Manggar, Belitung Timur resmi ditutup

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Khamelia
(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Pemotongan pita di lokasi TMMD ke-112 tanda dibukanya akses jalan ke Wisata Batu Begalang, Kamis (14/10/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 yang dilaksanakan di Desa Kelubi, Manggar, Belitung Timur resmi ditutup, Kamis (14/10/2021). Program yang dilaksanakan tepat satu bulan itu berhasil menyelesaikan seluruh sasaran seratus persen, termasuk sasaran tambahan yaitu pembangunan dua rumah layak huni bagi warga setempat.

Penutupan program tersebut dilaksanakan di Auditorium Zahari MZ ditandai dengan pelepasan pita dan penyerahan kembali alat kerja yang diterima oleh Pasiter Korem 045/Garuda Jaya Letkol Inf Arry Sundoro dan disaksikan Dandim 0414/Belitung Letkol Inf Mustofa Akbar dan Bupati Belitung Timur Burhanudin.

"Alhamdulillah program TMMD ke-112 di Desa Kelubi Kecamatan Manggar Kabupaten Beltim sudah 100 persen dan selesai tepat waktu. Ini berkat kerja keras para prajurit di lapangan dalam menyelesaikan program ini," kata Dandim ditemui posbelitung.co usai kegiatan.

Letkol Inf Mustofa menjelaskan selain sasaran tambahan pembangunan dua rumah layak huni, sasaran utama dalam program ini yaitu pembangunan akses jalan ke lokasi wisata Batu Begalang yang ada di desa tersebut. Di TMMD ke-112 ini pihaknya membukakan jalan selebar sembilan meter dengan panjang 2,5 km.

Selanjutnya yaitu pembangunan gorong-gorong dan fasilitas MCK di lokasi wisata tersebut agar bisa memudahkan wisatawan yang berkunjung

"Dua rumah yang sudah selesai kuncinya akan diserahkan kepada pemiliknya. Lalu untuk pembangunan fisik jalan akan diserahkan kepada pemerintah desa setempat untuk dikelola dengan sebaik-baiknya untuk kemanfaatan masyarakat sekitar," ujar Dandim.

Tak hanya menyasar fisik, tapi TMMD ke-112 ini juga menyasar ke pembangunan non-fisik. Beberapa di antaranya yaitu sosialisasi berupa wawasan kebangsaan, bela negara, posyandu, stunting, pertanian, hingga keagamaan dan semuanya sudah dilaksanakan.

Letkol Inf Mustofa Akbar bilang pelaksanaan TMMD ke-112 relatif berjalan lancar. Kendala yang dihadapi hanya pada saat hujan turun sehingga pekerjaan ditunda sampai cuaca membaik. 

"Kalau kendala yang dihadapi di lapangan hanya cuaca hujan turun, terhambat pekerjaan. Tapi solusinya kami kerja keras siang malam supaya ini selesai tepat waktu," kata Dandim seraya berharap masyarakat bisa memanfaatkan dan memelihara hasil program TMMD terutama akses jalan menuju Batu Begalang.

Sementara Bupati Belitung Timur Burhanudin menyatakan harapannya agar sinergisitas antara TNI dengan masyarakat dan TNI dengan Pemerintah terus berjalan dalam rangka membangun Belitung Timur.

"Terima kasih kepada TNI sudah membangun jalan tersebur. Jalan yang sudah terbangun diharapkan dapat dimanfaatkan dengan optimal untuk kepentingan pariwisata dan tentunya bisa menjadi faktor pendongkrak ekonomi maayarakat lokal atas terbukanya akses jalan," pesan Burhanudin.

Setelah kegiatan penutupan di auditorium, rombongan meninjau pembangunan akses wisata tersebut ke Desa Kelubi. Di sana mereka memotong pita tanda diresmikannya Batu Begalang sebagai tempat wisata baru bagi masyarakat yang aksesnya sudah bagus. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved