Breaking News:

Berita Belitung Timur

Mahasiswa IPB KKN di Belitung Ajar Warga Dendang Bikin Hidroponik dari Bambu

Tujuh mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Dendang, Kabupaten Belitung Timur.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Eltjandring
IST/Dok Anneke
Menanam mint dengan metode hidroponik yang menjadi program kerja mahasiswa KKN IPB. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Tujuh mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Dendang, Kabupaten Belitung Timur.

Para mahasiswa yang terdiri dari Assyifa Eryandini, Anneke Carolina, Primanisa Nurgravisi, Gabriella Buciheli, Azzura Indra, Ridho Pangestu, dan Dewita Wilana melakukan sejumlah program bagi warga setempat.

Dalam pelaksanaannya, mereka bekerja sama dengan Kelompok Selatan Puake (KSP).

Mahasiswa IPB Anneke Carolina menyampaikan ada beberapa program yang telah dirancang dalam kegiatan KKN tersebut.

Program tersebut terutama difokuskan pada penggarapan potensi pertanian dan perikanan yang ada di Belitung.

"Program pertama yang kami lakukan yakni pembuatan hidroponik memanfaatkan bambu betung yang sudah dikeringkan terlebih dahulu," katanya, Minggu (17/10/2021).

"Pemilihan hidroponik dikarenakan metodenya tidak membutuhkan banyak lahan dan tergolong mudah untuk dipanen, sehingga bisa menyesuaikan bagi masyarakat Dendang agar tidak kesulitan dalam mengontrol perkembangannya," katanya menjelaskan.

Melalui metode tanam ini, mereka menanam mint yang tergolong mudah untuk dibudidayakan langsung secara hidroponik. Ditambah, tanaman ini juga bermanfaat sebagai aromaterapi.

Selain itu, para mahasiswa kelompok KKN-T ini juga menunjukkan pembuatan eco-enzyme yang memanfaatkan berbagai limbah rumah tangga seperti sisa makanan.

Hasil produknya nanti bisa bermanfaat sebagai biopestisida dan pupuk alami yang bernilai jual sehingga memiliki andil dalam membantu perekonomian masyarakat Desa Dendang.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved