Breaking News:

Berita Belitung Timur

Belitung Timur Jadi Tuan Rumah Belitung Egrang Challenge 50 KM Laskar Pelangi  

Belitung Timur (Beltim) jadi tuan rumah Belitung Egrang Challenge 50 KM Laskar Pelangi. Even nasional ini akan dilaksanakan pada Kamis (21/10/2021) me

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Bupati Burhanudin saat ditemui posbelitung.co, Senin (18/10/2021) di ruang kerjanya. (Posbelitung.co/BryanBimantoro) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Belitung Timur (Beltim) jadi tuan rumah Belitung Egrang Challenge 50 KM Laskar Pelangi. Even nasional ini akan dilaksanakan pada Kamis (21/10/2021) mendatang dan dipusatkan di Gantung, Belitung Timur.

Bupati Belitung Timur, Burhanudin menyatakan pemkab mendukung 100 persen diselenggarakannya even ini. Menurutnya even ini bisa menjadi pengingat bahwa permainan tradisional seperti egrang sudah harus mulai digelorakan lagi.

Katanya, saat ini anak-anak sudah tidak banyak yang tahu tentang permainan tradisional seperti permainan gala panjang, bekel, dor-doran yang biasanya di bulan puasa, hingga benteng takeshi. Sekarang ini, lanjutnya, permainan tradisional sudah digusur oleh permainan atau game di gadget masing-masing.

"Saya pikir event ini perlu kita dukung agar masyarakat di kampong kita tidak melupakan permainan tradisional yang ada sejak kita kecil. Saya sudah minta dengan pak Kades Lenggang Gantung supaya menyiapkan lomba meletik (menembak sasaran dengan tangan -red). Siapa yang paling tepat meletik kaleng itu yang juara. Ini sebagai wujud kita melestarikan budaya lokal," kata Bupati Burhanudin.

Lebih lanjut, persiapan event dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia ini  sudah hampir rampung dan ditetapkan tiga etape sebagai rute perjalanan. Adapun tiga etape yang direncanakan dimulai dari MTS Muhammadiyah Gantung menuju SD Laskar Pelangi. Dilanjutkan dengan SD Laskar Pelangi menuju Kawasan Geosite Tebat Rasau Desa Lintang.

"Dari masing-masing etape ada pengibaran bendera start lagi. Kegiatan biaya murni dari Kemenpora yang disponsori oleh Astra. Biaya tidak terlalu besar tapi tidak mungkin tidak kira support," kata Burhanudin.

Menurut Burhanudin, pihaknya sudah menyiapkan hiburan berupa tari-tarian, fasilitas kesehatan dan fasilitas keamanan. Dari etape yang berlangsung, Bupati Burhanudin berharap masyarakat dapat meramaikan dan mengingat bahwa permainan tradisional tetap perlu dikembangkan. "Semoga acaranya berjalan sukses dan impact kepada masyarakat bisa dirasakan," harap Burhanudin. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved