Breaking News:

Berita Belitung Timur

Pemerintah dan Pelaku Usaha Harus Terapkan Cara Ritel Pangan yang Baik di Ritel Modern  

Bertujuan memperingati World Food Day, Loka POM Belitung berkolaborasi dengan Pihak Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdaganga

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Suasana sosialisasi dengan tema Cara Ritel Pangan yang Baik bagi Sarana Ritel Modern, Senin (18/10/2021) di Hotel Guest Manggar. (Posbelitung.co/BryanBimantoro) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Bertujuan memperingati World Food Day, Loka POM Belitung berkolaborasi dengan Pihak Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan (DPMPTSPP) Belitung Timur (Beltim) menggelar sosialisasi. Tema Sosialiasi "Cara Ritel Pangan yang Baik bagi Sarana Ritel Modern". Acara digelar, Senin (18/10/2021) di Hotel Guest Manggar.

Kepala Loka POM Belitung Singgih Prabowo Adi, Senin (18/10/2021) mengatakan, ritel merupakan salah satu sarana pendistribusian produk pangan sampai produk pangan tersebut sampai di konsumen. Katanya pemerintah dan pelaku usaha memiliki peran dan tanggung jawab penting terhadap keamanan pangan sebelum dan selama beredar untuk memastikan pangan tetap aman di sepanjang rantai pangan.

"Sosialisai ini merupakan wujud komitmen dari pemerintah dalam kegiatan pengawasan sarana distribusi pangan termasuk ritel modern. Jadi saat barang sampai ke konsumen atau masyarakat masih dalam keadaan layak," kata Singgih kepada wartawan, Senin.

Dia melanjutkan, penerapan cara ritel pangan yang baik sangat penting bagi sarana ritel pangan karena merupakan wujud komitmen pelaku usaha dalam memberikan produk pangan yang aman bagi konsumen. Terlebih lagi, sambungnya, Pulau Belitung merupakan salah satu destinasi wisata di mana tentunya sarana ritel tentunya menjadi target wisatawan.

"Diharapkan dengan adanya penerapan cara ritel pangan yang baik oleh sarana ritel, mampu menaikkan value baik bagi pelaku usaha ritel maupun Pulau Belitung sendiri dimana tidak hanya memiliki destinasi wisata yang menarik, tetapi juga memiliki sarana perbelanjaan yang nyaman dan mampu menyediakan produk yang bermutu," harap Singgih.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas PMPTSPP Belitung Timur Liatim. Dalam sambutannya Liatim menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini sehingga sarana ritel khususnya di Belitung Timur mampu memahami bagaimana penerapan cara ritel pangan yang baik dan melaksanakan pendistribusian produk pangan sesuai dengan regulasi yang ada.

Dalam kegiatan ini beberapa materi yang disampaikan yakni mengenai cara ritel pangan yang baik serta mengenal Nomor Izin Edar (NIE) dan Cek KLIK oleh narasumber Loka POM Belitung. Selain itu juga materi ketentuan penjualan dan pengawasan minuman beralkohol di Belitung Timur yang disampaikan langsung oleh Kabid Perdagangan DPMTSPP Kristian Aji. Kemudian materi pelaksanaan rekomendasi perizinan dan pengawasan ritel pada toko dan swalayan yang disampaikan oleh Putra Biliton selaku tenaga penyuluh perindag.

"Diharapkan melalui kegiatan ini baik pemerintah maupun pelaku usaha dapat bersama-sama bertanggung jawab dalam menjamin keamanan produk pangan yang beredar, khususnya di Pulau Belitung sehingga masyarakat bisa aman dan nyaman dalam mengonsumsi sebuah produk," tambah Liatim. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved