Breaking News:

Berita Bangka Barat

Tingkatkan PAD Kabupaten Babar, Apandi Minta Gali Potensi Pajak Daerah dengan Maksimal

Gubernur Provinsi Bangka Belitung telah mengeluarkan kebijakan pemutihan atau pembebasan pokok Bea Balik Nama

Penulis: Riki Pratama | Editor: Khamelia
IST/DPD Golkar Babel.
Wakil ketua komisi I DPRD Kabupaten Bangka Barat (Babar) Apandi. 

POS.BELITUNG,BELITUNG -- Gubernur Provinsi Bangka Belitung telah mengeluarkan kebijakan pemutihan atau pembebasan pokok Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) beserta sanksi administrasi BBNKB dan sanksi administrasi pokok Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Program tersebut akan dilakukan selama tiga bulan, yakni mulai 1 Oktober- 30 Desember 2021. 

Kebijakan tersebut tertuang dalam peraturan gubernur (pergub) nomor 49 tahun 2021.

Wakil ketua komisi I DPRD Kabupaten Bangka Barat (Babar) Apandi, mengatakan program tersebut merupakan langkah kongkrit dalam menunjang peningkatan Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) khususnya di Pemerintahan Daerah (Pemda) Kabupaten Babar.

Menurutnya, Apandi bahwa program tersebut akan membantu peningkatan PAD di Kabupaten Babar di tengah pandemi Covid-19

Namun, pemutihan pajak ini bukan satu-satunya langkah untuk meningkatkan pendapatan daerah tetapi masih banyak lagi pontensi-pontensi yang bisa digali dalam meningkatkan PAD Pemda maupun Pemprov.

"Kita apresiasi langkah kongkrit yang dilakukan pihak Pemprov dalam meningkatkan PAD, khususnya di Pemda Kabupaten Babar agar serius melaksanakan program ini dan kita juga minta program pemutihan ini bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan PAD. Tapi saya kira masih banyak potensi-potensi pajak daerah atau pajak retribusi yang perlu digali secara maksimal," kata Apandi, dalam rilis yang diterima Pos.Belitung.com, kepada wartawan pada Senin (18/10/2021).

Selain itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat khususnya masyarakat di Kabupaten Babar untuk ikut serta dalam program pemutihan ini dan taat membayar pajak agar pembangunan di Kabupaten Babar dapat maksimal baik dalam bentuk fisik maupun non-fisik.

"Kami juga mengimbau kepada warga Kabupaten Babar untuk segera membayar pajak, sebab dengan taat pajak pembangunan di daerah pun akan maksimal baik itu pembangunan fisik maupun pembangunan manusia atau SDM," ujarnya.

Tak hanya itu, Politisi Partai Golkar Apandi sekaligus Bendahara DPD Partai Golkar Kabupaten Bangka Barat, pihak Pemda mensosialisasikan program pemutihan pajak ini dengan giat hingga ke desa-desa agar seluruh masyarakat tau Informasi tersebut.

"Dengan masyarakat tau dengan informasi pemutihan pajak ini maka insyaallah para warga berbondong-bondong membayar pajak kendaraan mereka," tutupnya. (Pos.Belitung/Rilis/Riki Pratama)

Tags
Apandi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved