Breaking News:

News Video

Fenomena Pertumbuhan Enceng Gondok di Waduk Jatiluhur Capai 1.000 Hektare

uas eceng gondok yang merambat di waduk Jatiluhur hampir mencapai 10 persen dari luas waduk atau danau.

Penulis: Disa Aryandi | Editor: nurhayati

POSBELITUNG.CO -- Fenomena pertumbuhan eceng gondok di waduk Jatiluhur merupakan fenomena yang cukup berdampak pada kegiatan masyarakat, berdasarkan informasi yang berhasim dihimpun Tribun di lapangan, fenomena pertumbuhan eceng gondok tahun ini merupakan yang terparah.

Kepala Angkutan Sunga Danau dan Penyebangan (ASDP) Jatiluhur Atim Priantono mengatakan, luas eceng gondok yang merambat di waduk Jatiluhur hampir mencapai 10 persen dari luas waduk atau danau.

"Kalau tahun ini termasuk yang paling parah, karena menurut perkiraan pertumbuhan eceng gondok saat ini hampir mencapai 1.000 hektare," ungkap Atim ketika ditemui Tribun di Kantor ASDP Jatiluhur, Senin (18/10/2021).
Diketahui, waduk Jatiluhur memiliki luas sekitar 8.300 hektare, dengan demikian merambatnya eceng gondok yang mencapai hampir 10 persen luas danau.

Selain luas, pertumbuhan eceng termasuk paling cepat dan berukuran besar.

"Kalau ditengah eceng itu hampir 1 meter, kalau dibandingkan dengan perahu jukung ukuran eceng gondok justru lebih tinggi eceng," kata dia. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul "Fenomena Pertumbuhan Eceng Gondok Paling Parah Tahun Ini, Diperkirakan Mencapai 1.000 Hektar."

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved