Breaking News:

Berita Belitung

Peluncuran Buku Memenuhi Panggilan Rakyat Percepat Pengusulan Hanandjoeddin Jadi Pahlawan Nasional  

Gubernur Provinsi Kepulauan Ban gka Belitung (Babel),  Erzaldi Rosman menghadiri Acara Launching Buku Berjudul Memenuhi Panggilan Rakyat di Pandan Ho

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman menyerahkan buku berjudul Memenuhi Panggilan Rakyat kepada keluarga H AS Hanandjoeddin, Rabu (20/10/2021). (Posbelitung.co/Dede S) 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG  -- Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel),  Erzaldi Rosman menghadiri Acara Peluncuran Buku Berjudul Memenuhi Panggilan Rakyat di Pandan House Resto, Belitung, Rabu (20/10/2021).

Acara launching buku yang menceritakan tentang kiprah dan kenangan sosok Bupati HAS Hanandjoeddin itu ditandai  petikan gambus oleh gubernur didampingi Jajaran Forkopimda.

Buku Karya Haril M Andersen dan Bambang Sutrisno itu jilid dua untuk mendukung pengusulan HAS Hanandjoeddin sebagai pahlawan Nasional.

"Dengan adanya buku ini akan lebih mempercepat pengusulan Bapak Hanandjoeddin almarhum sebagai pahlawan Nasional," ujar Erzaldi kepada Posbelitung.co, Rabu (20/10/2021).

Ia mengatakan sebelumnya nama Hanandjoeddin sempat diusulkan sebagai pahlawan Nasional bersamaan dengan Depati Amir.

Namun masih terdapat kendala tentang penjelasan sosok dan kiprahnya dalam merebut kemerdekaan.

Oleh sebab itu, dengan terbitnya buku kedua setelah Sang Elang, Erzaldi menegaskan pihaknya akan mempercepat proses pengusulan tersebut.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan membentuk tim peneliti, pengkaji gelar daerah (TP2GD) selanjutnya mengusulkan kepada Kementerian Sosial agar bapak Hananjoeddin ini sebagai pahlawan Nasional dari Belitung.

"Nanti kita akan mengajak Bupati Belitung dan Belitung Timur, DPRD, lembaga adat dan pihak keluarga bertemu Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Wagub Lemhanas Marsekal Madya TNI Wieko Syofyan untuk bersama-sama membuat dukungan," kata Erzaldi.

Ia menambahkan buku 352 halaman itu menceritakan fakta-fakta tentang kiprah Hanandjoeddin sewaktu menjabat sebagai Bupati Belitung.

Selain itu, lanjutnya, masyarakat di Desa Belung, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang sudah menyiapkan pembangunan monumen sebagai lokasi pertempuran Hanandjoeddin melawan penjajah. (Posbelitung.co/Dede S)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved