Breaking News:

Berita Belitung

Lestarikan Permainan Tradisional, KPOTI Kunjungi Desa Tanjung Binga

Rombongan Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) bersama Kementerian Pemuda dan

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Anak-anak Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, saat bermain permainan tradisional di lapangan, Kamis (21/10/2021). Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Rombongan Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengunjungi Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Kamis (21/10/2021). Kedatangan mereka disambut anak-anak setempat yang dihadiahi alat permainan tradisional. 

Berkumpul di lapangan desa, Ketua Umum KPOTI) M Jani Alif menyebut anak-anak di sana pantas merasa berbangga karena punya tempat bermain. Sehingga ia mengharapkan desa tersebut dapat mengembangkan permainan tradisional.

"Jangan biarkan anak-anak dibawa hanyut dalam perkembangan zaman, kenalkan permainan tradisional agar lebih mengenalmu diri, alam, bahkan implisit mengenal Tuhannya," kata dia. 

Tak hanya itu, mereka juga memberikan seperangkat mainan tradisional. Selanjutnya diharapkan hal tersebut bisa menjadi pemicu agar Kampung Berseri Astra (KBA) itu dapat mengangkat permainan tradisional yang telah terlupakan serta melestarikan permainan tradisional lain. 

Dia pun berharap agar anak-anak bisa semakin menyukai permainan tradisional. Dengan demikian tidak terlalu banyak gadget dan TV, tapi aktif bergerak.

"Permainan bisa dikembangkan, dimainkan lagi. Semoga apa yang diberikan bermanfaat dan memberikan ide untuk menggali permainan tradisional," ucapnya. 

Sementara itu, Ketua Kampung Berseri Astra Dedir Agus Setiawan, pihaknya menyambut baik Kemenpora dan KPOTI. Terutama dalam rangka menyuarakan dan sosialisasi agar permainan tradisional di Indonesia tidak punah. 

"Sehingga adik-adik bisa bermain bersama agar permainan tradisional jadi aktivitas keseharian di Tanjung Binga. Semoga juga Potradnas berjalan lancar," katanya. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari) 

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved