Breaking News:

Berita Belitung

Jafri Sebut Selangkah Lagi HAS Hanandjoeddin Jadi Pahlawan Nasional

Ketua Komisi III DPRD Belitung Timur Jafri mengaku bangga dan turut bahagia karena buku berjudul Memenuhi P

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Ketua Komisi III DPRD Belitung Timur sekaligus politisi Partai Golkar Jafri. (Posbelitung.co/BryanBimantoro) 

 
POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Ketua Komisi III DPRD Belitung Timur Jafri mengaku bangga dan turut bahagia karena buku berjudul Memenuhi Panggilan Rakyat karya Haril M. Andersen dan Bambang Sutrisno sudah diresmikan pada Rabu (20/10/2021) lalu. 

Buku yang bercerita tentang kiprah HAS Hanandjoeddin itu menjadi penting lantaran menjadi referensi dan pelengkap persyaratan prajurit TNI itu dijadikan sebagai pahlawan nasional. 

Kepada posbelitung.co, Jumat (22/10/2021), Jafri mengatakan ada dua hal yang masih kurang dalam pengajuan HAS Hanandjoeddin menjadi pahlawan nasional. Pertama biodata HAS Hanandjoeddin saat aktif di satuan TNI AU maupun saat bergerilya di Malang dan kedua adalah kiprahnya saat menjabat sebagai Bupati Belitung. 

Buku tersebut ditulis berdasarkan cerita dari saksi hidup HAS hanandjoeddin, rekan-rekan hingga keluarganya yang masih hidup sehingga dijamin keakuratannya. 

"Alhamdulillaah selangkah lagi pak HAS Hanandjoeddin jadi pahlawan nasional. Setelah buku ini terbit, gubernur bisa langsung mengajukan kembali secara resmi tertulis kepada Dirjen Kepahlawanan Kemensos RI agar bisa segera diurus status kepahlawanan HAS Hanandjoeddin. Secepatnya," kata Jafri Jumat. 

Menurutnya, HAS Hanandjoeddin adalah putra asli Pulau Belitung, pejuang kemerdekaan, dan juga menyumbangkan pikiran-pikirannya untuk rakyat Belitung pada masanya. 

Sejauh ini, dia bersama anggota Komisi III DPRD Beltim bersama DPRD Belitung serta kedua pemkab di Pulau Belitung sangat intens mendorong agar status kepahlawanan tersebut segera terwujud. Salah satunya yakni berkunjung langsung ke Markas Besar TNI AU di Cilangkap, Jakarta. 

"Ke depan kita akan berupaya bertemu Panglima TNI supaya beliau bisa juga mendorong HAS Hanandjoeddin sebagai pahlawan nasional karena juga dulunya adalah prajurit TNI," ujarnya. 

Politisi Partai Golkar itu juga berharap bisa mendapat dukungan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo agar status kepahlawanan ini bisa segera diwujudkan. 

"Semiga semuanya lancar. Kita berharap bisa ditetapkan HAS Hanandjoeddin sebagai pahlawan nasional saat hari kemerdekaan ataupun hari pahlawan," harapnya. (Posbelitung.co/BryanBimantoro) 

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved