Breaking News:

Berita Belitung

Membanggakan ! Farel Piransah Putra Belitung Raih Juara STQ Nasional

Kabar membanggakan datang dari Farel Piransah, remaja asal Belitung yang menorehkan prestasi. Putra Pasangan Mirna dan Sumardi asal Desa Suak Gual,

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Fery Laskari
Membanggakan ! Farel Piransah Putra Belitung Raih Juara STQ Nasional
posbelitung.co
Farel Firansah. ( IST)

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kabar membanggakan datang dari Farel Piransah, remaja asal Belitung yang menorehkan prestasi. Putra Pasangan Mirna dan Sumardi asal Desa Suak Gual, Kecamatan Selat Nasik ini meraih juara dua Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Tingkat Nasional XXVI di Provinsi Maluku Utara, Cabang Hifzil Quran golongan satu juz dan tilawah putra.

"Perasaan bahagia dan bangga karena bisa lolos, apalagi perjuangan di sana meninggalkan orang tua sudah hampir jalan dua tahun," ucap ibunya, Mirna, saat dihubungi Posbelitung.co, Selasa (26/10/2021).

Saat ini Farel tengah menempuh pendidikan di Pesantren Al Kautsar, Tangerang Selatan setelah mendapat beasiswa. Sebelum mengikuti lomba, kata Mirna, putra sulungnya ini juga sempat menelpon dan memberikan kabar serta memohon doa.

"Memang selalu minta doa kalau mau lomba. Saat di Maluku kami nelpon, memberikan semangat dan agar fokus belajar," ucapnya.

Bakat sang putra memang telah nampak dan mulai dipupuk sejak dibangku sekolah dasar. Awal mulanya, Farel belajar mengaji dengan guru ngaji di desa setempat. Sejak awal orang tua yang senang mendengarkan nada Muzammil Hazballah, berkeinginan agar putranya mengikuti jejak qari asal Aceh itu. Rupanya ketika diminta, Farel mampu menirukannya.

Ayah-ibunya pun bersama mengajarkan Farel. Semula dorongan menghafal Quran ini agar bisa menjadi imam saat salat.

"Kami ingin dia jadi imam, mendengar dia, makanya kami minta hafalan surat-surat pendek, sampai hafal juz 30. Mulainya itu kelas 4 SD," lanjutnya.

Kali pertama Farel mengikuti lomba yakni pada Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) pada 2018 silam, cabang tartil Qur'an. Menang ditingkat kecamatan, ia menjadi perwakilan lanjut ke tingkat kabupaten.

Meski saat itu meraih juara ketiga dan tak bisa melanjutkan ke tingkat provinsi, melihat potensinya, Farel diikutsertakan pada cabang tartil. Ia pun menerima dibimbing dan dibina di Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ). Bersama orang tuanya, setiap pekan Farel menyeberang dari Pulau Mendanau ke Pulau Belitung untuk berlatih.

"Tiap Minggu kami ke Tanjungpandan, tiap pulang sekolah pukul 11.00 atau 12.00 WIB, jam 14.00 WIB, kami berangkat ke Tanjungpandan ikut latihan dan bimbingan. Dibimbing di Masjid Al Ihram. Tiap minggu kami ke Tanjungpandan, tiap dia latihan," ucap Mirna.

Ungkapan kebahagiaan atas prestasi gemilang Farel juga disambut baik oleh pelatihnya Khairul Anam. Ia menyebut, pertama kali bertemu dengan Farel saat menjadi pengisi acara pada kegiatan munaqosyah TPA.

"Setelah itulah ketika dilihat, anak ini bagus bacaannya walaupun kalau didengarkan suaranya karena bacaannya masih banyak salah. Setelah itu tanya-tanya dengan orang kecamatan dan desa, anak mana, rupanya anak Desa Suak Gual, makanya kami sarankan diikutsertakan lomba MTQ 2018," katanya.

Beberapa kali mengikuti lomba MTQ, Farel tidak hanya pada satu cabang lomba. Namun pernah mengikuti tahfiz, tartil, tilawah dan syarhil.

Sempat melakukan pembinaan dengan pelatih nasional, dari sinilah bakat Farel mulai disorot, bahwa anak ini mempunyai bakat khusus.

"Dengan saran pelatih, Pemkab Belitung memberikan beasiswa Di situlah kemampuan tergali lagi, dilatih lagi, walaupun dipantau latihan secara online, karena di sana fokus tilawah, kalau hafalannya dipantau lewat online," jelasnya.(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved