Breaking News:

Video Belitung

Syarat Wajib PCR Penumpang Pesawat Diterapkan Lagi, Pelaku Wisata Belitung Pesimis

Diberlakukannya lagi tes swab PCR sebagai syarat penumpang pesawat membuat sejumlah pelaku wisata di Kabupaten Belitung mengeluh.

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Jaryanto

POSBELITUNG.CO - Diberlakukannya lagi tes swab PCR sebagai syarat penumpang pesawat membuat sejumlah pelaku wisata di Kabupaten Belitung mengeluh.

Aturan itu berimbas pada pada kunjungan wisatawan yang menurun lagi padahal dua pekan sebelumnya ketika syarat penerbangan hanya tes antigen menunjukkan adanya kenaikan.

"Setelah ada isu harus PCR, teman-teman pelaku wisata mulai pesimis," kata Sekretaris Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Belitung Yulizar Patria Krisna, Senin (25/10/2021). 

Menurutnya, belum diketahui pasti imbas setelah pemberlakuan PCR. Namun, ia memprediksi penurunan wisawatan di hotel ataupun restoran menurun dibanding pekan lalu.

“Yang jelas wisatawan mulai enggan datang, karena ketika diharuskan PCR,” ucapnya.

Senada, Wakil Sekretaris Jenderal International Hotel General Manager Association (Wasekjen IHGMA) Nawawi Halik mengatakan, pemberlakuan tes PCR bagi penumpang penerbangan akan sangat berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan. 

Kondisi itu terjadi karena akses ke Belitung banyak mengandalkan transportasi udara. 

"Kemungkinan load factor penerbangan turun, beberapa tamu sudah jaga-jaga untuk menunda perjalanan. Khususnya tamu yang berwisata, kalau yang dari pemerintahan atau kementerian yang terlanjur melakukan acara masih ada, tapi tidak signifikan," katanya. (*)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved