Breaking News:

Advertorial

JPJR Belitung Timur 2021 Resmi Dibuka

JPJR Beltim resmi dibuka oleh wagub babel abdul fatah,bupati beltim wabup beltim, ketua DPRD Beltim serta koordinator event wilayah I kemenparekraf.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Eltjandring
Bryan
PENEKANAN TOMBOL - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah menekan tombol tanda dibukanya Jelajah Pesona Jalur Rempah, didampingi Bupati Belitung Timur Burhanudin, Wakil Bupati Belitung Timur Khairil Anwar, Ketua DPRD Belitung Timur Fezzi Uktolseja, serta Koordinator Event Wilayah I Kemenparekraf RI Trindiana Tikupasang di Stadion Utama Belitung Timur, Selasa (26/10) malam. (pos belitung/BryanBimantoro) 

POSBELITUNG. CO - Jelajah Pesona Jalur Rempah (JPJR) Belitung Timur resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah, Bupati Belitung Timur, Burhanudin, Wakil Bupati Belitung Timur, Khairil Anwar, Ketua DPRD Belitung Timur, Fezzi Uktolseja, serta Koordinator Event Wilayah I Kemenparekraf RI, Trindiana Tikupasang, di Stadion Utama Belitung Timur, Sabtu (26/10) malam.

Bupati Belitung Timur, Burhanudin, mengatakan tahun 2021 ini merupakan tahun yang ketiga pelaksanaan Jelajah Pesona Jalur Rempah Belitung Timur. Event ini terlahir dari riset multipihak dan penyelenggaranya memadukan unsur penting dalam pemajuan budaya rempah. Yakni pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan di Kabupaten Belitung Timur.

Sedangkan pelaksanaannya sesuai intisari dari Platform Indonesiana adalah kegotongroyongan antara pemerintah daerah, komunitas budaya dan budayawan sebagai unsur masyarakat, serta pihak swasta. Semangat tersebut tentunya sangat relevan dengan dengan motto Belitung Timur yaitu, Satu Hati Membangun Negeri.

“Saya yakin dan percaya, event ini menjadi muara penting bagi kita untuk merengkuh dayung bersama guna melestarikan sejarah daerah, sebagai bagian sejarah bangsa dan dunia. Selain itu, harapan besar juga tersemat akan bangkitnya iklim kewirausahaan dalam menciptakan industri kreatif berbasis rempah, yang diharapkan menjadi sektor ekonomi potensial bagi masyarakat Belitung Timur,” kata Burhanudin.

Jelajah Pesona Jalur Rempah Belitung Timur tahun 2021 dan akan berlanjut hingga hari Minggu, 31 Oktober 2021 yang berpusat di Stadion Utama Belitung Timur. Pelaksanaan JPJR Belitung Timur pada tahun ini mengambil makna ‘Inspirasi Rempah : Menyatu Dalam Keragaman’.

Tema ini mengandung makna besar bahwa dengan rempah telah lahir berbagai ide dan gagasan dalam berbudaya di tengah masyarakat sejak masa lampau hingga hari ini. Selanjutnya, karena rempah memengaruhi masyarakat Belitung Timur yang heterogen dengan latar belakang budaya yang beraneka rupa. Tema ini diharapkan menjadi pemantik untuk memajukan budaya rempah secara bersama-sama.

“Dengan semangat kebersamaan tersebut, kami merasa bangga Jelajah Pesona Belitung Timur menjadi salah satu dalam Program Indonesiana Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Selain itu, JPJR Belitung Timur juga menjadi salah satu bagian dari Kharisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Tahun 2021 ini,” tambah Burhanudin.

Dalam penyelenggaraan acara ini terlibat berbagai komunitas budaya, Deskranasda Belitung Timur, PKK, UMKM, budayawan serta seniman Belitung Timur, dan juga berlangsung Festival Rempah berupa Bazar Kuliner Tradisional, Obat-Obatan Rempah, dan Produk Olahan Rempah.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Rl, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Kementerian Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Ri, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Gubenur Kepulauan Bangka Belitung, instansi perbankan dan BUMN, budayawan, komunitas budaya dan seniman, serta pihak-pihak lainnya yang telah turut serta hingga terselenggarannya kegiatan ini,” kata Burhanudin.

“Semoga event ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan semakin memajukan kebudayaan dan pariwisata Belitung Timur, serta semakin memantik kita bersama untuk memajukan budaya rempah Belitung Timur bersama-sama,” ucapnya.

Adapun acara pokok terdiri JPJR 2021 terdiri dari Webinar Nasional Rempah dan Opening Ceremony pada 26 Oktober 2021; Pelatihan Kuliner Rempah dan Malam Sastra Rempah pada 27 Oktober 2021; Pelatihan Pengobatan Tradisional dan Malam Tradisi Sungai pada 28 Oktober 2021; Seminar Nasional Rempah dan Malam Enterpreneurship Rempah di GOR Stadion Belitung Timur tanggal 29 Oktober 2021; Parade 22 Figur Rempah dan Lomba Musik dan Tari di Stadion Utama Belitung Timur tanggal 30 Oktober 2021; Penampilan Seni Tradisional dan Gawai Makan Bedulang dan Closing Ceremony JPJR Belitung Timur 2021 pada 31 Oktober 2021.

Sedangkan kegiatan pra-event Jelajah Pesona Jalur Rempah Tahun 2021 yakni Lomba Viog Rempah dan Belajar Bersama Maestro. (Advertorial/s1)

PENEKANAN TOMBOL - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah menekan tombol tanda dibukanya Jelajah Pesona Jalur Rempah, didampingi Bupati Belitung Timur Burhanudin, Wakil Bupati Belitung Timur Khairil Anwar, Ketua DPRD Belitung Timur Fezzi Uktolseja, serta Koordinator Event Wilayah I Kemenparekraf RI Trindiana Tikupasang di Stadion Utama Belitung Timur, Selasa (26/10) malam. (pos belitung/BryanBimantoro)
PENEKANAN TOMBOL - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah menekan tombol tanda dibukanya Jelajah Pesona Jalur Rempah, didampingi Bupati Belitung Timur Burhanudin, Wakil Bupati Belitung Timur Khairil Anwar, Ketua DPRD Belitung Timur Fezzi Uktolseja, serta Koordinator Event Wilayah I Kemenparekraf RI Trindiana Tikupasang di Stadion Utama Belitung Timur, Selasa (26/10) malam. (pos belitung/BryanBimantoro) (Bryan)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved