Breaking News:

Berita Belitung

Awas ! Badai La Lina Diprediksi Bakal Menghantam November Nanti, Begini Imbauan Isyak Meirobie 

Seluruh stakeholder harus memberikan perhatian ekstra terhadap imbauan Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tentang dampak Badai

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Fery Laskari
(Posbelitung.co/Dok)
Wakil Bupati Isyak Meirobie. 

POSBELITUNG.CO , BELITUNG -- Seluruh stakeholder harus memberikan perhatian ekstra terhadap imbauan Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tentang dampak Badai La Lina pada November mendatang. Hal ini ditegaskan oleh Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie kepada Posbelitung.co, Kamis (28/10/2021) malam.

Isyak menilai tanggung-jawab tersebut tidak bisa hanya dibebankan kepada pemerintah daerah (Pemda) saja, tetapi juga seluruh masyarakat. "Drainase misalnya sudah dibersihkan seperti tahun lalu. Tapi kontribusi sampah dan benda-benda lain bisa menyebabkan ketidaklancaran saluran air dan terjadinya banjir itu masih terus terjadi," ujarnya, malam ini.

Menurutnya upaya yang dilakukan Pemda memang tidak bisa dinikmati dalam waktu dekat. Pemerintah sudah menerapkan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang dilakukan untuk merevitalisasi dan membangun embung sebagai fungsi lain di wilayah Kampung Amau.

Namun upaya tersebut hanya sebagai awal dan dibutuhkan upaya lain yang lebih konprehensif untuk mengatasi banjir tersebut. Dalam jangka pendek, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas PUPR selalu melakukan pemeliharaan terhadap saluran air dan drainase sepanjang jalan. "Kalau lokasi lainnya kami berharap semuanya bisa menjaga kebersihan, sehingga tidak terjadi genangan air," katanya.

Sementara itu, berbicara potensi bencana hidrometeorologi, Isyak percaya sinergi dan kolaborasi dari BPBD, Tagana, PMI serta TNI Polri mampu menangani kondisi tersebut seperti tahun-tahun sebelumnya. (Posbelitung.co/Dede S)
 

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved