Breaking News:

Berita Belitung

BMKG Imbau Waspada Dampak Badai La Lina Awal November Mendatang

Kepala UPT BMKG Stasiun Meteorologi Buluh Tumbang, Tanjungpandan Carles mengimbau kepada seluruh masyarakat Belitung terhadap dampak badai La Lina.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Khamelia
Posbelitung.co/Dede Suhendar
Kepala UPT BMKG Stasiun Meteorologi Tanjungpandan Carles. 

POSBELITUNG.CO -- Kepala UPT BMKG Stasiun Meteorologi Buluh Tumbang, Tanjungpandan Carles mengimbau kepada seluruh masyarakat Belitung terhadap dampak badai La Lina.

Berdasarkan prakiraan BMKG, badai La Lina memasuki puncaknya sekitar Januari-Februari tahun depan namun dampaknya mulai terjadi pada awal November 2020.

Dampak yang terlihat biasanya curah hujan lebih tinggi dari biasanya dan pembentukan awan konvektif lebih cepat yang menyebabkan petir disertai angin kencang.

"Jadi selain sudah memasuki musim hujan, kita juga harus waspada dampak dari La Lina di awal November ini," ujar Carles kepada posbelitung.co , Kamis (28/10/2021).

Ia menambahkan curah hujan tinggi akan memicu terjadinya hidrometeorologi seperti hujan lebat, angin kencang, banjir dan lainnya.

Oleh sebab itu, Carles mengimbau kepada Pemkab Belitung agar membersihkan saluran air dan drainase untuk mencegah terjadinya banjir di beberapa titik.

Selain itu memangkas pohon di pinggir jalan yang rawan jika diterpa angin kencang.

Di sisi lain, dirinya juga mengingatkan kepada nelayan agar selalu mengecek informasi cuaca BMKG sebelum berangkat melaut.

Khusus penerbangan, BMKG akan selalu memberikan update informasi cuaca setiap hari.

"Jadi kita sama-sama mewaspadai dampak dari La Lina ini baik para stakeholder maupun masyarakat," kata Carles. (posbelitung.co /dede s)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved