Breaking News:

Video Belitung

Dinkes Belitung: Tarif PCR di Belitung Tidak Bisa Rp300 Ribu, Ini Alasannya

Lantaran sampel pengecekan tidak diperiksa langsung oleh laboratorium fasilitas kesehatan lokal, namun harus dikirim ke luar daerah.

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Kamri

POSBELITUNG.CO -- Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung memperkirakan tarif polymerase chain reaction (PCR) di Belitung takkan bisa Rp300 ribu. Lantaran sampel pengecekan tidak diperiksa langsung oleh laboratorium fasilitas kesehatan lokal, namun harus dikirim ke luar daerah. 

"Tadi sudah saya komunikasikan dengan RS Utama, kalau Klinik Karunia belum ketemu, agar bisa menyampaikan dengan pengelola laboratorium dari Jakarta, karena ini (sampel) dikirim," ujar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Joko Sarjono, Kamis (28/10/2021).

Karena sampel harus dikirim, maka fasilitas kesehatan (faskes) penyedia layanan PCR mengaku keberatan di ongkos kirim.

Namun, ia mengasumsikan bahwa batas tarif Rp300 ribu untuk tes PCR di luar Jawa-Bali itu berlaku jika pemeriksaan dilakukan langsung di tempat. Sementara jika sampel masih harus dicek di laboratorium luar daerah maka faskes pun kesulitan jika tarifnya mencapai harga segitu. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved