Virus Corona

Aturan Baru Naik Pesawat, Seluruh Penumpang Tak Perlu Lagi Pakai PCR, Cukup dengan Antigen

Resmi hari ini syarat naik pesawat tak perlu lagi pakai tes PCR, penumpang cukup pakai tes antigen berlaku di Jawa-Bali dan di luar Jawa-Bali

Editor: Hendra
Tangkap Layar Youtube Sekretariat Presiden
Menko PMK, Muhadjir mengumumkan aturan baru naik pesawat tak lagi wajib PCR, tapu cukup dengan Antigen. Senin (1/11/2021) 

POSBELITUNG.CO -- Pemerintah akhirnya mengeluarkan aturan baru naik pesawat di wilayah PPKM baik untuk di wilayah Jawa-Bali maupun di luar Jawa-Bali.

Aturan baru tersebut yakni mengubah aturan wajib PCR bagi penumpang pesawat digantikan menjadi wajib antigen.

Aturan baru pemerintah ini disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Sesuai usulan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, kata Muhadjir perjalanan udara pada wilayah tersebut tidak lagi harus menggunakan tes PCR.

Akan tetapi cukup menggunakan tes antigen.

Aturan yang diputuskan pemerintah ini sama dengan aturan yang sudah dilakukan untuk wilayah luar Jawa non Bali yang hanya cukup menggunakan tes antigen.

Hal tersebut disampaikan oleh Muhadjir dalam konferensi pers terkait Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang disiarkan secara virtual melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (1/11/2021).

"(Terkait) perjalanan, akan ada perubahan yaitu untuk wilayah Jawa dan Bali. Perjalanan udara tidak lagi mengharuskan menggunakan tes PCR tetapi cukup menggunakan tes antigen. Sama dengan yang sudah dilakukan untuk wilayah luar Jawa non Bali sesuai dengan usulan dari bapak Mendagri," terang Muhadjir.

Kendati demikian, masyarakat terutama para penumpang armada udara tetap diminta untuk tetap waspada dan selalu hati-hati.

Yakni dengan tetap mematuhi protokol kesehatan baik di bandara maupun di dalam pesawat.

"Walaupun penularan penularan Covid-19 sudah bagus, tetapi kita juga harus terus waspada," tambah Muhadjir.

Termasuk masyarakat harus segera melengkapi dosis vaksinasinya.

 "Langkah tersebut ditetapkan diperkuat dengan vaksin dan penerapan protokol kesehatan yaitu 3T  Testing, Tracing, dan Treatment.

Ini dilakukan demi Indonesia dapat terhindar dari lonjakan virus Covid-19, ketiga.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved