Breaking News:

Berita Belitung

Pangan Olahan Beku Disimpan Lebih Dari 7 Hari Harus Kantongi Izin Edar BPOM

Pangan yang diproduksi secara massal itu wajib mengantongi izin edar dari Badan POM, bukan dari pemerintah daerah kabupaten/kota.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Eltjandring
Warta Kota/Alex Suban
Ilustrasi makanan beku 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Kepala Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Belitung Singgih Prabowo Adi mengatakan, pangan olahan yang disimpan beku dengan masa simpan tujuh hari atau lebih harus memiliki izin edar.

Pangan yang diproduksi secara massal itu wajib mengantongi izin edar dari Badan POM, bukan dari pemerintah daerah kabupaten/kota.

"Kalau pangan olahan siap saji yang disimpan sementara pada suhu beku selama pendistribusian dengan masa simpan kurang dari tujuh hari dan diproduksi berdasarkan pesanan tidak wajib memiliki izin edar, baik Badan POM maupun dari pemerintah daerah kabupaten/kota," katanya saat sosialisasi registrasi pangan olahan, Selasa (2/11/2021).

Sosialisasi yang dilakukan kepada pelaku usaha mikro kecil (UMK) ini, lanjutnya, dilakukan sebagai tindak lanjut penjelasan publik yang diterbitkan oleh Badan POM tentang ketentuan perizinan pangan olahan yang disimpan beku.

Selanjutnya, Loka POM Belitung bersama UMK pangan olahan beku bersama-sama mengikuti kegiatan launching pekan gelar pendampingan UMK.

Kegiatan yang diresmikan oleh Kepala Badan POM Penny K. Lukito ini diikuti enam pelaku UMK yang sedang proses dalam pendaftaran produk di Badan POM maupun yang akan mendaftarkan produk olahan bekunya.

Pekan gelar pendampingan UMK frozen food pada masa pandemi ini dilakukan dalam rangka UMK berdaya saing untuk masyarakat terlindungi dan membangun ekonomi rakyat.

Kegiatan ini terdiri dari beberapa rangkaian yang dilaksanakan dari tanggal 2-8 November 2021, secara luring dan daring.

Dalam sambutannya, Kepala Badan POM RI menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan mengedukasi masyarakat dan pelaku usaha UMK pangan olahan khususnya frozen food, melalui pendampingan.

Edukasi ini meliputi cara memperoleh perizinan, produksi, desain produk, dan pemilihan kemasan hingga pemasaran.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved