Advertorial

Wisuda Politeknik Darma Ganesha 2021/2022, Awal Berkarya Mempraktikkan Ilmu Semasa Kuliah

Politeknik Darma Ganesha mewisuda 12 mahasiswa diploma tiga program perhotelan dan manajemen informatika di Ballroom BW Suite Belitung.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Eltjandring
Adel
Fhoto bersama Wakil Bupati Belitung 

Wisuda Politeknik Darma Ganesha 2021/2022, Awal Berkarya Mempraktikkan Ilmu Semasa Kuliah

POSBELITUNG.CO - Politeknik  Darma Ganesha mewisuda 12 mahasiswa diploma tiga program studi perhotelan dengan gelar A.Md.Par dan manajemen informatika dengan gelar A.Md.Kom.

Rapat senat terbuka bertema “Penguatan Kapasitas Kelembagaan dan Unggul dalam Kompetensi Lulusan” tersebut berlangsung di Ballroom BW Suite Belitung, Rabu (3/11/2021).

Wisuda tahun akademik 2021/2022 tersebut dihadiri Direktur Politeknik Darma Ganesha Yudi Darma, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, Wakil Bupati Belitung Timur'> Belitung Timur Khairil Anwar, dan Wakil Sekretaris Jenderal DPP International Hotel General Manager Association (IHGMA) Nawawi Halik.

Yudi Darma dalam sambutannya mengatakan, wisuda memang proses akhir dalam rangkaian ke­giatan akademik perguruan tinggi. Makanya wajar bila momen itu disambut gembira.

Lebih dari itu, wisuda juga menjadi momen awal tahap kehidupan berikutnya, baik melanjutkan kuliah atau memasuki dunia kerja.

Wisuda sebagai awal mempraktikkan hal yang didapatkan saat kuliah. Ini bisa jadi momen sekali seumur hidup jika tidak melanjutkan pendidikan lagi atau masih ada wisuda berikutnya saat kalian nanti melanjutkan ke jenjang diploma empat,” kata dia di hadapan para wisudawan/wisudawati.

Dia juga memaparkan makna filosofis pada atribut dan prosesi wisuda. Pemindahan kuncir topi tiga merupakan simbol selesainya materi, teori dan arahan dari dosen, untuk selanjutnya masuk ke dunia aplikatif atau pengamalan ilmu yang didapatkan.

Toga berbentuk segi lima dimaksudkan agar wisudawan dan wisudawati agar berpikir secara rasional dan menilai dari berbagai sudut pandang.

Serta warna hitam toga menyimbolkan misteri kegelapan yang berhasil disibakkan melalui ilmu pengetahuan.

“Mengetahui makna filosofis tersebut, harapannya wisuda ini bukan sekadar dirayakan dengan rasa bangga yang patut disyukuri, tapi juga rasa tanggung jawab untuk menjalani kehidupan sebagai ahli madya. Bukan sekadar lulus tapi agar bagaimana menjadi seseorang yang bermanfaat bagi sekitar,” ujarnya.

Sebagai perguruan tinggi di Belitung, Politeknik Darma Ganesha juga berkomitmen menjadi mitra pemerintah daerah, baik Belitung maupun Belitung Timur'> Belitung Timur untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

Buktinya, lulusan politeknik tersebut juga berkiprah dan menempati posisi strategis dalam industri perhotelan lokal maupun bertaraf nasional.

“Keuntungan mereka mudah dapat kerja tidak menunggu lama selesai kuliah, bahkan beberapa orang langsung dikontrak. Kami berharap pemda dapat mendukung kami sebagai perguruan tinggi negeri swasta, serta perguruan tinggi yang memiliki prodi perhotelan satu-satunya di Belitung, bahkan Bangka Belitung,” ucapnya.

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie juga menyebut bahwa wisuda bukan akhir, tapi awal. Para lulusan diharapkan mampu berwirausaha atau entrepreneur.

“Saya titip pesan, jadilah creative-preneur, pewirausaha yang kreatif. Saya ingin lihat ada yang punya franchise atau waralaba yang sukses dari Belitung,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Bupati Belitung Timur'> Belitung Timur Khairil Anwar. Menurutnya, rasa terima kasih harus diucapkan kepada dosen dan orang tua sehingga wisudawan bisa sampai pada tahap ini.

“Jangan berbangga dulu apa yang diraih hari ini, tapi jadikan ini sebagai pemacu dimasa mendatang. Padukan antara ilmu dan pengalaman, serta mulailah berkarya dengan ilmu yang didapatkan,” tuturnya. (advertorial/del)

Wisuda Darma Ganesha
Wisuda Darma Ganesha (Adel)
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved