Breaking News:

Berita Belitung Timur

50 UMKM Dapat Pelatihan dari Dinas Perdagangan Beltim, Kerja sama dengan Indomaret  

Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan (DPMPTSPP) Belitung Timur (Beltim) menggelar pelatihan bagi pelaku usaha mikro,

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
50 UMKM Dapat Pelatihan dari Dinas Perdagangan Beltim Kerja sama dengan Indomaret. (Bryan Bimantoro) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG – Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan (DPMPTSPP) Belitung Timur (Beltim) menggelar pelatihan bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), Kamis (3/11/2021) di Auditorium Zahari MZ, Manggar. Pelatihan ini bekerja sama dengan PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Cabang Palembang.

Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Beltim Khaidir Lutfi. Dia mengucapkan terima kasih atas kesempatan kepada 50 pelaku UMKM di Belitung Timur.

"Ini kesempatan berharga bagi para pelaku UMKM untuk mendapatkan kiat-kiat menembus pasar modern. Terima kasih pada Indomaret sudah membantu dan memberdayakan pelaku UMKM ini,” kata Khaidir dalam sambutannya.

Menurutnya pelatihan ini bisa juga membantu mewujudkan salah satu visi daerah Belitung Timur yaitu pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan pelatihan UMKM, kepala DPMPTSPP Belitung Timur Liatim mengatakan dinasnya menaungi sektor industri dan erat kaitannya dengan UMKM termasuk perizinannya.

“Kami tentu sangat menyambut baik acara yang digagas oleh Indomaret, tentu ini sangat langka sekali. Pengusaha ritel sebesar Indomaret ingin berbagi ilmu dengan kita, ini patut kita apresiasi. Semoga transfer ilmunya nanti sampai kepada peserta,” tambahnya.

Terkait peserta pelatihan dia mengatakan memang belum bisa mengakomodir semuanya. 50 peserta ini sudah diseleksi oleh bidang industri dinasnya. Dia mengatakan ke depan peserta pelatihan akan diberikan secara merata.

Sementara itu, Branch Manager Indomaret Tonfo Saputro mengatakan pelatihan kepada UMKM ini rutin dilakukan pihaknya. Belitung Timur menjadi daerah ke-12 di tahun 2021 ini yang didatangi timnya.

"Tapi kalau di Belitung Timur ini yang pertama. Pelatihan ini untuk melatih para UMKM agar lebih kreatif dan inovatif serta siap untuk masuk dan bersaing di pasar modern," kata Tondo.

Tondo bilang pihaknya ingin memberikan ruang bagi pelaku UMKM di masa pandemi ini agar bisa memasarkan produknya lebih luas. "Terakhir yaitu tujuannya agar membantu Pemerintah Daerah untuk terus memajukan pelaku UMKM yang ada di sini,” jelas Tondo.

Dia juga menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh pihaknya dan sudah berlangsung sejak 8 tahun belakangan.

“Kami akan terus berkomitmen untuk turut berkontribusi memajukan UMKM masuk ke ritel modern. Apalagi di masa pandemi ini banyak UMKM yang terdampak. Semoga bisa bangkit dan kembali berdaya," harap Tondo. (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

 


Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved