Berita Belitung Timur

Gubernur Erzaldi Serahkan Bantuan 20 Sapi Betina ke Enam Kelompok Ternak Sapi di Pulau Belitung

Enam kelompok ternak sapi mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan PT Steelindo Wahana Perkasa (SWP).

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Eltjandring
(Posbelitung.co/BryanBimantoro)
Penyerahan bantuan oleh Pemprov Babel dan PT SWP di Aula PT SWP Kelapa Kampit, Kamis (4/11/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Enam kelompok ternak sapi mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan PT Steelindo Wahana Perkasa (SWP).

Bantuan tersebut diserahkan pada Kamis (4/11/2021) di Aula PT SWP, Kelapa Kampit.

Pemprov Kepulauan Babel menyerahkan 20 ekor sapi betina, 2.500 polibag indigotera, serta dua paket mineral dan kartu ternak untuk dua kelompok ternak dari Membalong.

Lalu bantuan dari PT SWP berupa bungkil sawit sebanyak 17 ton diberikan kepada enam kelompok ternak dari Damar dan Kelapa Kampit.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengatakan peternak sapi harus dibantu, apalagi jika baru memulai ternaknya. Dengan bantuan ini dia ingin peternak bisa mandiri dan menggerakkan perekonomiannya.

"Kalau sekarang kan baru mau memulai. Misalnya saja kalau tidak dibantu ada peternak yang sudah 10 tahun hingga saat ini masih tersangkut hutang, ini kan sangat disayangkan."

"Kita juga harus konsolidasi dan komunikasi dengan PT SWP ini agar para peternak di sekitarnya bisa mendapat fasilitas CSR berupa bungkil," ujar Erzaldi.

Erzaldi bilang, dipilihnya PT SWP sebagai lokasi penyerahan bantuan agar masyarakat dapat memanfaatkan bungkil kepala sawit atau sisa produksi kelapa sawit yang ada di PT SWP.

Biasanya bungkil sawit alias Palm Kernel Expeler ini diekspor ke Tiongkok, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan negara Asia lainnya.

"Yang tadinya masyarakat beli jadi dengan adanya CSR ini nanti bisa terbantu. Makanya saya sampaikan kepada PT SWP agar masyarakat jangan beli, sampaikan saja ke masyarakat peternak dalam bentuk CSR," pinta Erzaldi.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Steelindo Wahana Perkasa Mr Lim Teng Hong mengatakan bantuan ini sebagai wujud kepedulian perusahaannya kepada para peternak sapi di sekitar lokasi perusahaan.

Mr Lim bilang PT Steelindo Wahana Perkasa merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan dan terintegrasi dengan beberapa pabrik pengolahan produk dari kelapa sawit beserta turunannya.

"PT. SWP juga merupakan salah satu kawasan berikat atau bonded zone yang ada di Pulau Belitung. Salah satu produk turunan kelapa sawit yang dihasilkan adalah bungkil sawit yang menjadi bantuan bagi kelompok ternak hari ini," kata Mr Lim.

Dia berharap bantuan ini dapat membantu peternak sapi yang berada di lingkungan sekitar PT Steelindo Wahana Perkasa sehingga kedepannya sapi-sapi yang diternakkan oleh masyarakat dapat memenuhi kebutuhan daging untuk masyarakat dan khususnya juga dapat membantu perputaran ekonomi masyarakat Belitung Timur.

"Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dan hubungan silaturahmi
antara perusahaan dan masyarakat terus terpelihara dengan baik," harap Mr Lim.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved