Breaking News:

Siapa Sosok Pengganti Andika Perkasa? Hasanudin: Letjen Dudung dan Letjen Bakti Agus Berpeluang

Awalnya, Hasanuddin menuturkan, saat ini terdapat enam letnan jenderal TNI AD yang berpeluang menggantikan Andika.

Editor: Tedja Pramana
Siapa Sosok Pengganti Andika Perkasa? Hasanudin: Letjen Dudung dan Letjen Bakti Agus Berpeluang
kontan.co.id
Jendral TNI Andika Perkasa.

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen Bakti Agus Fadjari dan Pangkostrad Letjen Dudung Abdurachman diprediksi paling berpeluang menggantikan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa.

Dua perwira bintang tiga itu memiliki peluang lebih besar karena posisi KSAD lazimnya diisi oleh perwira yang pernah menjabat sebagai Wakasad atau Pangkostrad.

"Jadi yang ada di sini yang memenuhi persyaratan, mungkin dari kebiasaan ya, kecuali misalnya ada petunjuk lain ya, itu satu adalah Letjen Bakti Agus Wakasad dan yang kedua Letjen Dudung Pangkostrad," kata Anggota Komisi I DPR Tb Hasanuddin di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (4/11/2021).

Awalnya, Hasanuddin menuturkan, saat ini terdapat enam letnan jenderal TNI AD yang berpeluang menggantikan Andika.

Selain Bakti dan Dudung, empat nama lainnya adalah Kepala Staf Umum TNI Letjen Eko Margiyono, Kepala BAIS TNI Letjen Joni Supriyanto, Komandan Pusat Teritorial TNI AD Letjen Teguh Arief Indratmoko, dan Komandan Pusat Persenjataan Infanteri TNI AD Letjen Arif Rahman.

Namun, Hasanuddin menyebutkan, peluang Bakti dan Dudung dianggap lebih besar karena jabatan yang mereka emban.

Lebih lanjut, politikus PDI-P itu mengungkapkan, Bakti akan lebih cepat pensiun ketimbang Dudung. Bakti akan pensiun pada 1 September 2022 sedangkan Dudung pensiun pada 1 Juli 2023.

Hasanuddin pun enggan berkomentar lebih jauh saat ditanya siapa sosok yang paling tepat untuk mengisi jabatan KSAD di antara dua nama di atas.

"Kira-kira siapa, saya tidak mau berandai-andai, ya kita tunggu saja keputusan presiden nanti," ujar Hasanuddin.

Seperti diketahui, posisi KSAD akan ditinggalkan oleh Andika jika ia dilantik sebagai panglima TNI.

Presiden Joko Widodo telah mengusulkan Andika sebagai calon panglima TNI untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di DPR.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan, saat ini masih belum ada nama calon pengganti KSAD yang dijabat Andika Perkasa.

Ia menyebutkan, posisi KSAD harus segera diisi saat pelantikan Andika sebagai panglima TNI. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Letjen Dudung dan Letjen Bakti Agus Diprediksi Paling Berpeluang Jadi KSAD Gantikan Andika Perkasa"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved