Breaking News:

Berita Belitung Timur

Tangani Masalah Kesehatan, Dinas Kesehatan Belitung Timur Jalin Kemitraan dengan Pihak Swasta  

Berbagai masalah kesehatan harus cepat ditangani, seperti jaminan kesehatan nasional, penurunan angka kematian ibu, angka kematian bayi, pencegahan st

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Fery Laskari
posbelitung.co
Suasana Penggalangan Kemitraan Potensial dengan perusahaan, pihak swasta, organisasi profesi, dan organisasi masyarakat oleh Dinkes-PPKB Beltim, Jumat (5/11/2021. (Posbelitung.co/BryanBimantoro) 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Berbagai masalah kesehatan harus cepat ditangani, seperti jaminan kesehatan nasional, penurunan angka kematian ibu, angka kematian bayi, pencegahan stunting, peningkatan penyebaran penyakit menular dan tak menular serta penguatan gerakan masyarakat sehat. Untuk menangani hal itu, bukan hanya peran dinas kesehatan saja tapi juga pihak perusahaan dan pihak swasta juga berperan besar.

Karena dasar itu pula, Pihak Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Belitung Timur (Beltim) menggelar penggalangan kemitraan potensial dengan pihak perusahaan, pihak swasta, organisasi profesi, dan organisasi masyarakat, Jumat (5/11/2021) di RM Fega Manggar.

Kabid Kesmas Dinas Kesehatan-PPKB Belitung Timur, Muhammad Ihsan mengatakan jalinan kemitraan ini secara resmi baru kali ini digelar. Walau demikian, hubungan kemitraan dengan pihak-pihak di atas sebelumnya sudah terjalin dan hari ini penguatannya.

"Hari ini kita paparkan ada masalah-masalah kesehatan apa yang ada di setiap kecamatan di Belitung Timur. Kami ingin pihak-pihak di luar pemerintah, seperti perusahaan dan ormas bisa paham kondisi kesehatan masyarakat di sekitar lokasi perusahaannya," kata Ihsan ditemui Posbelitung.co, seusai acara.

Dikatakan Ihsan, ketika pihak terkait sudah memahami kondisi kesehatan di lokasi masing-masing, maka diharapkan bisa membantu dan bekerja sama dengan pihak Puskesmas setempat untuk menyelesaikan masalah kesehatan tersebut.

Ia mencontohkan misalnya saat ini sudah masuk musim hujan dan potensi DBD kembali meningkat. Di sinilah peran perusahaan, pihak swasta, organisasi profesi, dan organisasi masyarakat untuk berkontribusi mengajak masyarakat berperilaku hidup sehat hingga mengedukasi masyarakat mengenai DBD.

"Hari ini outputnya penandatanganan kerja sama kemitraan yang nantinya Dinkes dan pihak swasta ini bekerja sama dalam menuntaskan masalah-masalah kesehatan di masyarakat," tegas Ihsan.(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved