Breaking News:

Capaian Vaksinasi di Atas 50 Persen Dosis Kedua, PPKM Belitung Turun Jadi Level 2

Sama halnya dengan tempat makan dan minum. Namun untuk restoran yang hanya melayani pesan-antar dapat beroperasi 24 jam.

tribunnews
Sekda Belitung, H MZ Henndra Caya. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Kabupaten Belitung turun jadi level 2. Hal tersebut mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 58 tahun 2021.

Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, H MZ Hendra Caya menyebut, penurunan level dari sebelumnya level 3 disebabkan karena capaian vaksinasi Covid-19 sudah di atas 70 persen untuk dosis pertama serta lebih dari 50 persen untuk dosis kedua. Selain itu, juga tidak ada pasien Covid-19 di RSUD Marsidi Judono.

"Tentunya (aturan) agak kendor, seperti bisa berdagang di atas jam 22.00 WIB. Begitu juga untuk acara perkawinan dan operasional rumah makan," ucapnya, Selasa (9/11/2021).

Pelanggaran aturan PPKM dimasyarakat juga telah ditindaklanjuti melalui surat edaran nomor 443.1/1414/II/2021 tentang PPKM level 2 Covid-19 di Kabupaten Belitung.

Dalam aturan tersebut, disebutkan bahwa aktivitas jual-beli dapat dilakukan sampai pukul 22.00 WIB.

Sama halnya dengan tempat makan dan minum. Namun untuk restoran yang hanya melayani pesan-antar dapat beroperasi 24 jam.

Selain itu, pelaku perjalanan domestik dari dan menuju Belitung menggunakan pesawat dan kap laut bisa menggunakan hasil negatif swab antigen jika telah menerima vaksin dosis kedua yang berlaku 1x24 jam.

Sementara bagi penerima vaksin dosis pertama harus menunjukkan hasil negatif swab PCR yang berlaku 3x24 jam. Aturan ini berlaku sampai 22 November 2021 mendatang.

Hendra mengatakan penurunan status level ini perlu saling menjaga agar tidak terjadi gelombang ketiga yang sebelumnya diprediksikan banyak pihak. Di samping penurunan level ini memang patut disyukuri oleh masyarakat.

"Kami tetap berharap masyarakat, OPD (organisasi perangkat daerah), dan forkopimda agar terus ber sama-sama menjaga ini. Agar berikutnya bila perlu statusnya turun jadi level satu. Dengan demikian, orang mulai berani datang ke Belitung dan event pariwisata bisa kembali digelar," jelasnya.

Menurutnya, jika status Belitung turun dilevel satu, berarti pada 2022 mendatang bisa difokuskan pada pemulihan ekonomi.

Banyak pihak yang sebelumnya terpuruk dan merasakan dampak pandemi juga perlahan bisa bangkit kembali.

(Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved