Breaking News:

Penetapan Empat Geosite Baru Meratakan Arah Pembangunan hingga Selatan Pulau Belitung

Keempat lokasi tersebut berada di empat desa yang ada di Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Novita
IST/Dok BP Geopark Belitong
Suasana penetapan empat geosite baru di Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, Sabtu (6/11/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Baru-baru ini, Badan Pengelola Geopark menetapkan empat geosite baru menjadi Geopark Belitong.

Keempat lokasi tersebut berada di empat desa yang ada di Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung.

Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Ansori, berharap ditunjuknya empat geosite baru di selatan Pulau Belitung ini bisa meratakan arah pembangunan Kabupaten Belitung.

"Karena Membalong ini juga dapil saya, sehingga dengan penetapan empat geosite baru ini juga membuat pembangunan Belitung merata dan terasa sampai pelosok dan kepulauan," ucapnya, Rabu (10/11/2021).

Tak sekadar penetapan sebagai geosite baru, masyarakat setempat, komunitas pengelola, hingga pihak terkait, juga harus saling bahu-membahu dalam menjaga kelestarian alam serta kekayaan budaya.

Dia juga menyampaikan, penetapan sebagai geosite harus menjadi penyemangat agar terus menggali dan mengembangkan potensi-potensi yang ada, agar mampu menjadi daya tarik wisata.

Tujuannya, supaya selanjutnya memberi dampak bagi perekonomian masyarakat setempat.

Hal senada juga disampaikan Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Belitung, Syukri Gumay.

Ia menyambut baik penambahan geosite baru sehingga kini ada 21 geosite dalam Geopark Belitong.

Terlebih lagi, lanjutnya, penetapan tersebut harus dibarengi tanggung jawab agar lebih serius dan memprioritaskan pengembangan di lokasi-lokasi itu.

"Ini juga menjadi kesempatan agar terus konsisten menjaga kelestarian alam serta mempertahankan kearifan lokal," ujar Ketua Fraksi Gerakan Amanat Demokrat ini.

Selanjutnya, disamping menjaga alam, geosite ini harus dikembangkan serta dipromosikan agar siap menjadi objek wisata bagi turis, tak hanya domestik tapi juga mancanegara.

Sebelumnya, BP Geopark menetapkan empat tempat di Kecamatan Membalong sebagai geosite baru.

Tempat-tempat tersebut yakni Gunung Kubing di Desa Perpat, Linsum Kawai di Desa Simpang Rusa, Desa Tanjung Rusa, serta Desa Pulau Seliu. (Posbelitung/Adelina Nirmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved