Percepat Vaksinasi di Beltim, PT Timah Siapkan 1000 Dosis Vaksinasi Gotong Royong

Vaksinasi gotong royong merupakan upaya PT Timah untuk mendorong terbentuknya herd immunity (kekebalan komunitas) di saat pandemi Covid-19.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Tedja Pramana
Istimewa/PT Timah
Suasana vaksinasi covid-19 oleh PT Timah di Desa Gantung, Jumat (12/11/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Mempercepat capaian vaksinasi di Kabupaten Belitung Timur (Beltim), PT Timah menyiapkan 1000 dosis vaksin gotong royong bagi masyarakat Kecamatan Gantung, Manggar dan Damar yang akan dilaksanakan secara bertahap.

Vaksinasi gotong royong merupakan upaya PT Timah untuk mendorong terbentuknya herd immunity (kekebalan komunitas) di saat pandemi Covid-19.

Program vaksinasi gotong royong dari PT Timah Tbk, ini disambut antusias masyarakat. Seperti kali ini, vaksinasi dilaksanakan di Desa Gantung dengan menyasar 120 penerima vaksin, Jumat (12/11/2021).

Baca juga: YBM dan UP3 PLN Belitung Bakti Sosial di Gantung, Gelar Empat Kegiatan

Salah satu warga penerima vaksin Syahriandi mengatakan, kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan PT Timah Tbk ini membantu masyarakat, khususnya mereka yang belum pernah divaksin. Apalagi jadwal pelaksanaan vaksin kadang tidak sesuai dengan aktivitas masyarakat.

"Sangat terbantu, saya baru divaksin karena biasanya sedang kerja, sehingga kalau mau mencari vaksin di Kecamatan atau Faskes lainnya agak susah meninggalkan kerja," katanya seperti dalam rilis PT Timah kepada posbelitung.co, Jumat.

Baca juga: Ramayana Terus Eksis Usaha dengan Brand ‘Kerupuk Umak, Dirintis Sejak 2017

Syahriandi berharap vaksinasi itu sebagai langkah untuk memutus mata rantai Covid-19 itu, sehingga aktivitas masyarakat kembali seperti semula.

Senada, Abun juga menyebutkan alasan pekerjaan menjadi sebab ia baru menerima vaksin kali ini, apalagi ketika waktu libur ditambah cuaca yang tidak mendukung.

" Saya berharap diperlancarlah kegiatan macam ini, sebab sangat membantu masyarakat," sebutnya.

Baca juga: Pariwisata Belitung Incar Wisatawan Mancanegara, Dinas Pariwisata Bakal Fokus Perkuat Promosi

Sementara itu, Ramsani menilai vaksinasi yang dilaksanakan PT Timah Tbk cukup baik dari sisi pelayanan, karena tidak perlu terlalu lama mengantre. Jaraknya juga tidak terlalu jauh dari pemukiman masyarakat.

"Pelaksanaan vaksinasi itu dekat dengan masyarakat, jadi tidak tergantung waktu," bebernya.

Sementara itu Kepala Desa Gantung Kecamatan Gantung Arief Kusmaryadi mengatakan dari 3.383 jiwa sasaran vaksinasi, jumlah warga Desa Gantung yang sudah tervaksin adalah 1.996 jiwa, yang belum tervaksin sebanyak 1.387 jiwa.

" Prosentasenya diatas 50 persen dan terus dilakukan upaya percepatan pencapaian hingga 100% sampai dengan akhir tahun 2021," kata Arief Kusmaryadi.

Menurut Arief, dengan adanya vaksinasi dari PT Timah Tbk dapat membantu Pemerintah Desa dalam meningkatkan capaian vaksinasi. Apalagi vaksinasi dilaksanakan dengan jemput bola hingga ke desa-desa.

Baca juga: Perpustakaan Daerah Belitung Timur Lebih Modern dan Rapi

Lanjutnya, Pemerintahan Desa melalui program Desa Aman Covid-19 terus berusaha membangkitkan kesadaran warga tentang pentingnya meningkatkan kekebalan tubuh dengan vaksin.

Menurut Arief, tak hanya vaksinasi PT Timah Tbk juga turut berperan dalam maengatasi pandemi melalui beberapa program yang dijalankan seperti pelayanan kesehatan gratis dengan Mobil Sehat.

"Kami berharap PT Timah Tbk terus berbuat yang terbaik untuk masyarakat dengan bantuan dan kegiatan-kegitan sosial lainnya," tandasnya.

(Rilis/BryanBimantoro)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved