Breaking News:

Advertorial

Perpustakaan Daerah Belitung Timur Lebih Modern dan Rapi

Perubahan itu berkat program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Novita
Posbelitung.co/Bryan Bimantoro
Berfoto bersama Kepala Dinas Perpustakaan Belitung Timur Amirudin. 

Perpustakaan Daerah Belitung Timur Lebih Modern dan Rapi

*Penataan Maksimal Demi Menggenjot Kunjungan dan Literasi Kawula Muda

POSBELITUNG.CO - Perpustakan Daerah Belitung Timur (Perpusda Beltim) bersolek menjadi lebih tertata serta menjelma menjadi tempat yang friendly, sarat teknologi, muda, dan modern. Perubahan itu berkat program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Perubahan itu juga dikomandoi Kepala Dinas Perpustakaan Belitung Timur Amirudin sejak beberapa waktu terakhir.

Dalam kepemimpinannya ruang baca menjadi lebih luas. Lantainya dilapisi dengan karpet rumput sintesis, dindingnya ditempeli dengan wallpaper indah, rak-rak buku ditata rapi mudah dijangkau pembaca.

Amirudin mengatakan, perubahan ini demi membawa suasana yang menyenangkan saat berada di perpustakaan, serta membuat para pengunjung betah berlama-lama menyelusuri dan membaca literasi yang disajikan dengan menarik.

“Kami berkomitmen meningkatkan angka kunjungan dan minat baca masyarakat sehingga ruangan ini didedikasikan dengan tujuan tersebut. Kami letakkan sofa-sofa santai sampai ke puluhan bean bag warna-warni supaya masyarakat tertarik datang ke perpustakaan,” kata Amirudin, Kamis (11/11/2021).

Dia menjelaskan, perpusda ini akan dibuka untuk umum mulai Senin (15/11/2021) mendatang. Berbagai fasilitas pendukung protokol kesehatan sudah disiapkan, seperti peralatan cuci tangan hingga menyiapkan masker.

Beberapa komputer pun disiapkan bagi yang ingin berselancar di dunia maya serta televisi untuk menonton film-film edukasi. Selain itu, tersedia juga loker buat menyimpan sepatu dan tas pengunjung.

Amirudin pun mempersilakan komunitas-komunitas di Belitung Timur yang hendak berdiskusi di ruang baca perpusda. Hal itu dalam rangka memberi ruang positif terhadap perkembangan literasi.

“Literasi di Belitung Timur harus ditingkatkan utamanya bagi para pemuda. Karena itu, kami konsepkan perpusda ini semodern mungkin dengan target para pemuda,” ucap Amirudin.

Dia berharap nantinya pandemi bisa segera usai supaya perpusda bisa menjadi sentra literasi dan diskusi para pemuda Belitung Timur. Pihaknya juga dalam proses menghidupkan perpustakaan di masing-masing desa di Belitung Timur yang belum aktif.

“Di 20an perpusdes yang sudah aktif, program inklusi sosial akan tetap dijalankan, harapannya juga akan membawa dampak pemberdayaan kepada masyarakat sekitarnya. Mohon dukungan dan doa dari masyarakat Belitung Timur,” ucap Amirudin. (advertorial/s1)

Suasana Perpustakaan Beltim
Sejumlah pengunjung melihat koleksi buku di Perpustakaan Daerah Belitung Timur (Posbelitung.co/Bryan Bimantoro)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved