Breaking News:

Erzaldi Rosman

Provinsi Bangka Belitung Ditetapkan Jadi Tuan Rumah Peran Satuan Karya Pramuka Tingkat Nasional

Penetapan ini berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 151 Tahun 2019 tentang Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka Tingkat

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Hendra
Diskominfo Babel
Kegiatan pertemuan antar instansi bersama pengurus pramuka provinsi, membahas finalisasi penyediaan layanan sarana dan prasarana yang akan digunakan, di Ruang Tanjung Pendam, Kantor Gubernur Babel, Jumat (12/11/2021) 

POSBELITUNG.CO, BANGKA -- Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ditetapkan sebagai tuan tumah kegiatan Peran Satuan Karya Pramuka Tingkat Nasional.

Penetapan ini berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 151 Tahun 2019 tentang Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka Tingkat Nasional.

Untuk menyiapkan segala kebutuhan kegiatan, dilakukan pertemuan antar instansi bersama pengurus pramuka provinsi,  membahas finalisasi penyediaan layanan sarana dan prasarana yang akan digunakan, di Ruang Tanjung Pendam, Kantor Gubernur Babel, Jumat (12/11/2021).

Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2022 di Bumi Perkemahan Depati Amir, Balun Ijuk, Kabupaten Bangka dengan tema "Pramuka Terampil Indonesia Maju, PACAK (Pramuka Aktif, Cendikia, Akrab dan Kreatif)". 

“Kita sudah harus mempersiapkan hal-hal yang berkenaan dengan pelaksanan event nasional ini. Dana kita banyak mengalami refocusing, jadi gunakan anggaran dengan bijak,” ungkap Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman

Dijelaskan Erzaldi, dikarenakan pelaksanaannya pada 2022, anggaran yang digunakan pun berasal dari anggaran tahun yang sama, sehingga perencanaan ini harus segera diselesaikan sebelum berganti tahun. 

“Fasilitas yang dibangun harus efektif. Kita sesuaikan dengan ketersediaan uang. Jangan bangun sesuatu yang terlihat besar, tapi tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal. Sesuaikan sarana dan prasarana yang sesuai dengan ukuran dan fungsi,” ungkap Erzaldi. 

Sementara itu, Ketua Kwarda Babel Melati Erzaldi, menyebutkan kegiatan tersebut awalnya akan diikuti oleh 7.000 peserta. Namun, terjadinya Pandemi Covid-19 memungkinkan adanya perubahan jumlah peserta, dan diperkirakan sebanyak 2.000 orang.

Para peserta sendiri berasal dari perwakilan Satuan Karya dari masing-masing daerah se-Indonesia. 

“Kita sudah sangat bersemangat ketika tahu bahwa akan ada event nasional yang diadakan di Babel. Namun, beberapa kali mesti dilakukan penjadwalan ulang, kegiatan harus diundur sebagai dampak dari Pandemi Covid-19,”  jelasnya.

Rencananya, Desember 2021 nanti edaran petunjuk pelaksanaan ‘Peran Satuan Karya Pramuka Tingkat Nasional Tahun 2022‘ telah dibagikan.

Sehingga, teknis pelaksanaan dibutuhkan secepatnya agar kegiatan dapat dilakukan sesuai timeline kegiatan. 

“Alasan kita menarik event nasional, supaya kita bisa menghadirkan tamu-tamu dari luar. Nah, mereka pasti akan berbelanja di sini. Dan ini akan menggerakan ekonomi daerah. Jadi masyarakat kita menjadi semakin mandiri. Juga dari pengalaman mereka di Babel, mereka akan cerita ke teman-temannya. Nanti semakin banyak yang ke sini,” jelas Kak Melati.

Nantinya, Satuan Karya yang akan diundang pada kegiatan Peran Satuan Karya Pramuka Tingkat Nasional Tahun 2022 antara lain, Saka Bahari, Saka Bhayangkara, Saka Bakti Husada, Saka Dirgantara, Saka Kalpataru, Saka Pariwisata, Saka Taruna Bumi, Saka Wanabakti, Saka Wirakartika, Saka Kencana, dan Saka Widya Budaya Bakti. (*)

Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved