Breaking News:

Belasan Anggota PMR Belitung Bakal Ikut Jumbara Tingkat Provinsi, Persiapan Jadi Relawan Masa Depan

Disamping, mereka juga berlatih untuk mempersiapkan diri agar memiliki kepedulian dengan kondisi masyarakat.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Novita
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Pelepasan anggota PMR Belitung untuk mengikuti Jumbara Tingkat Provinsi Bangka Belitung di Markas PMI Belitung, Tanjungpandan, Selasa (16/11/2021). 

POS.BELITUNG.CO, BELITUNG - Sebanyak 15 anggota Palang Merah Remaja (PMR) Belitung akan mengikuti kegiatan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) tingkat Provinsi Bangka Belitung.

Pelepasan anggota PMR dilakukan di Markas PMI Belitung, Selasa (16/11/2021).

"Nanti mereka akan mengikuti kegiatan pelatihan serta akan mendapat pengetahuan tentang kepalangmerahan ditambah seni-budaya," kata Ketua PMI Belitung, Suhandri.

PMR sebagai calon relawan, lanjutnya, diharapkan memiliki jiwa kebersamaan. Makanya mereka dibekali pengetahuan mengenai kepalangmerahan agar meningkatkan jiwa sosial.

Disamping, mereka juga berlatih untuk mempersiapkan diri agar memiliki kepedulian dengan kondisi masyarakat.

Suhandri berharap, setelah para anggota PMR setelah menyelesaikan pendidikan, ke depannya bisa menjadi relawan yang terlibat dalam penanggulangan bencana, karena sudah terlatih dan mempunyai pengetahuan menanggulangi kondisi darurat bencana.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris PMI Belitung, Bustam. Menurutnya, selain ada Jumbara PMR tingkat provinsi, nanti akan dilanjutkan dengan Jumbara tingkat nasional.

Nantinya, peserta yang diikutsertakan akan melalui seleksi untuk mengetahui kapasitas, kualitas, dan talenta agar bisa direkomendasikan ke tingkat nasional.

Ia menjelaskan, para anggota PMR terutama harus.memiliki kecakapan untuk materi kepalangmerahan. Yakni diseminasi kepalangmerahan, pertolongan pertama, donor darah, kesehatan dan sanitasi, serta ayo siaga bencana yang harus dikuasai.

"Kegiatan ini kan ada jumpa, bakti, dan gembira, sehingga nanti mereka mengaplikasikan ilmu-ilmu di lapangan, termasuk simulasi ketika nanti membantu masyarakat," jelasnya.

"Harapannya setelah pulang, mereka lebih memahami ilmu kepalangmerahan dan menjadi relawan masa depan. Begitu selesai sekolah mereka bisa membantu jadi relawan PMI," tuturnya. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved