Breaking News:

Turut Andil Cegah Stunting, Tim Penggerak PKK Belitung Beri Makanan Tambahan Berbasis Pangan Lokal

Asmara juga mengatakan, dalam mencegah stunting, PKK berperan dengan melakukan pembinaan ke posyandu serta pelatihan kader-kader.

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Novita
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Pemotongan tumpeng untuk memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK ke-49 di Gedung Serba Guna Pemkab Belitung, Selasa (16/11/2021). 

POS.BELITUNG.CO, BELITUNG - Memberikan makanan tambahan berbasis pangan lokal bagi balita dan ibu hamil, menjadi strategi Tim Penggerak PKK Kabupaten Belitung dalam mencegah stunting.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Belitung, Asmara Sahani Saleh, selepas kegiatan peringatan hari kesatuan gerak PKK ke-49 di Gedung Serbaguna Kabupaten Belitung, Selasa (16/11/2021).

"Ada bantuan dari provinsi, lalu pemberian makannya melalui desa dan posyandu. Karena pangan lokal ini selain murah dan mudah didapatkan, juga memiliki gizi yang baik dikonsumsi," ucapnya.

Asmara juga mengatakan, dalam mencegah stunting, PKK berperan dengan melakukan pembinaan ke posyandu serta pelatihan kader-kader.

Pelatihan ke kader ini diharapkan bisa mengedukasi masyarakat untuk mencegah stunting pada anak.

PKK juga kini berupaya untuk memaksimalkan peran perempuan atau ibu dalam keluarga.

Satu di antaranya melalui program Hatinya PKK atau memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam tanaman produktif. Selain bisa untuk konsumsi rumah tangga, juga dapat menambah pendapatan keluarga.

Sementara itu, Wakil Bupati Belitung sekaligus Penasihat Tim Penggerak PKK Kabupaten Belitung, Isyak Meirobie, mengatakan agar PKK dapat terus menjadi mitra bagi pemerintah.

Apalagi ada beberapa hal yang menjadi catatan bagi pemerintah daerah yang memerlukan dukungan dari PKK. Satu di antaranya permasalahan stunting.

"Stunting ini penyebabnya karena masih banyak pernikahan dini karena anak kurang edukasi. Padahal efek sampingnya (pernikahan dini, red) banyak, terutama terkait psikologi," ucapnya.

Halaman
12
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved