Breaking News:

Calon Pimpinan Baznas Belitung Ikut Uji Kompetensi, 10 Nama Terpilih Diserahkan ke Baznas Pusat

Selanjutnya, para peserta akan menyampaikan visi-misi dalam makalah dan dilanjutkan wawancara pada Kamis (18/11/2021).

Penulis: Adelina Nurmalitasari | Editor: Novita
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Para peserta seleksi pimpinan Baznas Belitung mengikuti ujian tertulis di PLHUT Kemenag Kabupaten Belitung, Rabu (17/11/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Calon pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Belitung mengikuti uji kompetensi berupa tes tertulis.

Sebanyak 15 peserta yang sebelumnya telah lolos dalam seleksi administrasi, mengikuti ujian tertulis di Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kementerian Agama (Kemenag) Belitung, Rabu (17/11/2021).

"Hari ini tahapan uji kompetensi berupa tes tertulis yang diikuti 15 peserta yang lulus dalam seleksi administrasi dari 17 peserta," kata Ketua Panitia Seleksi (Pansel) sekaligus Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung, H Masdar Nawawi.

Menurutnya, materi yang diujikan pada ujian tertulis berupa materi berkaitan Undang-Undang tentang Pengelolaan Zakat, serta materi seputar visi misi ketika menjadi pimpinan Baznas.

Termasuk tata cara menghitung zakat mal, emas, perdagangan, profesi, mengetahui kemampuan dasar.

Selanjutnya, para peserta akan menyampaikan visi-misi dalam makalah dan dilanjutkan wawancara pada Kamis (18/11/2021).

Dari 15 peserta yang mengikuti seleksi, akan disaring 10 nama dan diserahkan ke Bupati Belitung, yang kemudian akan menyampaikan kepada Pimpinan Baznas pusat.

Lalu, ada lima orang yang akan duduk di dalam komposisi pimpinan Baznas Belitung, terdiri dari ketua, wakil ketua, dan tiga orang anggota.

Calon-calon pimpinan yang terdiri dari profesional, tokoh agama, ulama, dan tokoh masyarakat diharapkan bisa menjadi pimpinan yang profesional dalam menghimpun potensi dana umat yang ada di Belitung.

"Makanya, dalam tahapan wawancara ada yang menyampaikan upaya dalam meningkatkan pendapatan dari muzaki yang ada di Kabupaten Belitung. Karena potensi zakat di Kabupaten Belitung sangat luar biasa. Selain zakat profesi, ada juga zakat mal yang belum tergali dan harus menjalin kerja sama dengan pihak-pihak terkait yang lain dalam pengembangan jaringan," jelasnya.

"Makanya kami harapkan dari hasil ini, agar lebih profesional dalam melaksanakan kepengurusan Baznas Belitung lima tahun ke depan," tutur Masdar. (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved