Breaking News:

Menteri Desa RI Bakal ke Beltim, Kunjungi Objek Wisata Desa Mekar Jaya

Terpilihnya Desa Mekar Jaya karena menjadi penerima bantuan program pengembangan Desa Wisata Kementerian Desa.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Tedja Pramana
tribunnews
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI Abdul Halim Iskandar. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi RI, Abdul Halim Iskandar akan mengunjungi Belitung Timur (Beltim).

Kunjungan itu dijadwalkan pada Jumat (17/11/2021) mendatang. Pria yang akrab disapa Gus Menteri itu akan meresmikan dan menandatangani prasasti bantuan pembangunan objek wisata di Desa Mekar Jaya Manggar.

Selain itu, Menteri Desa PDT dan Transmigrasi juga bakal mengunjungi Desa Lalang Jaya Manggar dan melihat pemberdayaan masyarakat lewat BUMDES-nya yang sukses menyuplai sebagian besar kebutuhan telur ayam di Beltim.

Ditemui posbelitung.co di ruangannya, Rabu (17/11/2021), Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Ida Lismawati mengatakan, terpilihnya Desa Mekar Jaya karena menjadi penerima bantuan program pengembangan Desa Wisata Kementerian Desa.

"Kemendes RI saat ini sedang giat-giatnya mendukung pengembangan pariwisata di setiap desa. Dua tahun lalu, kita juga sudah pernah launching yang dihadiri pak Bupati Yuslih dan berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata," ujar Ida.

Menurutnya, sejak tahun lalu juga ada lomba desa wisata yang diikuti desa wisata dari Beltim. Desa yang dipilih adalah desa yang mampu mendayagunakan anggaran desa untuk sektor pariwisata dan peningkatan sumber daya manusianya.

"Kita mendapatkan bantuan dari Kemendes RI tahun 2021 untuk dua desa yakni Desa Mekar Jaya dan Desa Burung Mandi. Kita harus bangga karena desa yang mendapatkan bantuan ini hanya 175 desa se-Indonesia dari 49.610 desa," kata Ida.

Dia ingin kunjungan menteri ini dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam mempresentasikan potensi yang ada di desa-desa di Belitung Timur. Tentu, katanya, tujuan itu harus didukung oleh sepenuhnya stakeholders yang ada.

Dikatakan Ida, Gus Menteri mempercepat jadwal kunjungan dari semula 30 November menjadi 19 November setelah DSPMD Belitung Timur melengkapi laporan pembangunan objek wisata hingga selesai.

"Kita juga ingin Gus Menteri melihat dana desa yang memang didukung Kemendes melalui pemanfaatan dana desa secara penuh untuk mendukung wisata di desanya. Bantuan itu mendukung program pembangunan yang tiga tahun dikerjakan desa, ditambah sarana prasarana dibantu Kementerian," terang Ida.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved