Breaking News:

Bea Cukai Tanjungpandan Musnahkan Ribuan Batang Rokok dan Minol Ilegal, Segini Potensi Kerugiannya

Barang yang dimusnahkan bersama Bupati Belitung dan Forkopimda serta stakeholder itu, berupa rokok ilegal dan minuman mengandung ethil alkohol (MMEA).

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Novita
Posbelitung.co/Dede Suhendar
Proses pemusnahan barang hasil penindakan KPPBC TMP C Tanjungpandan periode Oktober 2020-September 2021 di kantor Bea Cukai Tanjungpandan, Kamis (16/11/2021). 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Jajaran Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai (KPPBC) TMP C Tanjungpandan meemusnahkan barang hasil penindakan periode Oktober 2020 sampai September 2021, pada Kamis (18/11/2021).

Barang yang dimusnahkan bersama Bupati Belitung dan Forkopimda serta stakeholder itu, berupa rokok ilegal dan minuman mengandung ethil alkohol (MMEA).

Barang tersebut telah mendapatkan persetujuan untuk dimusnahkan oleh Menteri Keuangan, dalam hal ini Kepala KPKNL Pangkalpinang, dengan potensi kerugian negara sekitar Rp16.600.000.

"Memang Belitung ini bukan pangsa pasar barang ilegal, jadi tahun lalu itu hanya sedikit. Total sampai September 2021 itu nilainya cuman Rp16 jutaan untuk barang umum," kata Kepala KPPBC TMP C Tanjungpandan, Jerry Kurniawan kepada posbelitung.co.

Ia berharap dengan sinergi yang baik dengan pemda beserta unsur lainnya, wilayah Kabupaten Belitung dapat terus terjaga dari barang-barang ilegal.

Di sisi lain, Jerry juga menekankan pelayanan dari Bea Cukai untuk mendukung program Pemkab Belitung.

"Kebanyakan barang yang dimusnahkan itu kiriman, pengiriman online dan toko-toko kecil," tambahnya.

Dalam kegiatan pengawasan dan operasi pasar, kata dia, jajaran Bea Cukai Tanjungpandan selalu memberikan edukasi kepada para pedagang.

Diharapkan ke depannya, seluruh masyarakat memahami aturan kepabeanan dan cukai.

"Jadi kami kasih tahu, kalau menjual rokok tanpa cukai tidak boleh, harus hati-hati. Sehingga ada edukasinya tidak hanya penindakan," katanya. (Posbelitung.co/Dede Suhendar)

Barang Hasil Penindakan KPPBC TMP C Tanjungpandan periode Oktober 2020 hingga September 2021 yang yang dimusnahkan pada Kamis (18/11/2021).

1. HT Rokok 21.000 batang

2. MMEA 61 botol (29,52 liter)

Potensi kerugian negara Rp16.600.000

Sumber : KPPBC TMP C Tanjungpandan (posbelitung.co/Dede Suhendar)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved