Breaking News:

Lulusan SMA Harus Lanjutkan Pendidikan, Jafri : Jangan Malu Kuliah di UT

Jafri bilang lulusan UT saat ini bukan lagi sebagai pelengkap gelar akademik tetapi mampu bersaing di berbagai bidang dan profesi.

Penulis: Bryan Bimantoro | Editor: Tedja Pramana
tribunnews
Ketua Komisi III DPRD Belitung Timur, Jafri. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Ketua Komisi III DPRD Belitung Timur, Jafri menegaskan, lulusan SMA harus melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

Jika pun harus melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Terbuka (UT) para siswa tidak perlu malu.

Jafri bilang lulusan UT saat ini bukan lagi sebagai pelengkap gelar akademik tetapi mampu bersaing di berbagai bidang dan profesi.

Bahkan menurutnya lulusan UT menjadi yang terbanyak dalam seleksi PNS di Belitung Timur tahun 2019. Karena itu lulusan UT terbukti bisa bersaing dan tidak berbeda dari universitas lainnya.

"Pendidikan menjadi salah satu faktor peningkatan kesejahteraan keluarga. Dengan pendidikan hingga perguruan tinggi setidaknya kualitas SDM di Kabupaten Belitung Timur bisa meningkat," kata Jafri kepada posbelitung.co, Kamis (18/11/2021).

Kata Jafri, dengan meningkatnya kualitas SDM di Belitung Timur bisa mendongkrak kesejahteraan serta di sisi daerah bisa meratakan jangkauan pendidikan ke seluruh lapisan.

Menurut Jafri, angka statistik masih mencatat angka lama bersekolah masyarakat Belitung Timur berada di kisaran 9,5 tahun atau rata-rata kelas 3 SMP.

"Angka lama bersekolah ini harus kita tingkatkan sampai dengan 12 tahun. Harapannya lebih tinggi ke tingkat universitas. Bahkan saya mendukung upaya menciptakan sarjana di setiap rumah," kata Jafri yang beberapa waktu lalu berkunjung ke UT.

"Sebelumnya lulusan sarjana berkisar 27 persen, mudah-mudahan bisa lebih dari itu. Kita juga ingin mencontoh kiat-kiat atau tekad tokoh nasional kita seperti pak Yusril dan Ahok," ujar Jafri.

Apalagi, sambungnya, saat ini belajar di UT sudah sangat mudah bisa via daring.

"Nah sekarang kita sudah ada sarana UT, ya manfaatkan. UT juga perguruan tinggi yang cukup terkenal, bahkan sampai keluar negeri ada perwakilan UT dan mahasiswanya," katanya.

(Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved