Breaking News:

Video Belitung

Sanem Apresiasi Penggagalan Distribusi Ribuan Botol Minol Ilegal, Minta Pengawasan Lebih Ketat

Ia meminta kepada petugas terkait agar lebih ekstra mengawasi, baik di daerah pesisir laut maupun di perairan laut.

Penulis: Disa Aryandi | Editor: Novita

POSBELITUNG.CO, BELITUNGBupati Belitung H Sahani Saleh (Sanem) mengapresiasi petugas Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai (KPPBC) TMP C Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, karena telah mengagalkan pendistribusian 10.515 botol minuman beralkohol (minol) atau Minuman Mengandung ethil alkohol (MMEA) ilegal.

Namun, orang nomor satu di Kabupaten Belitung itu berharap ke depan dalam melakukan penindakan hukum , Bea Cukai Tanjungpandan harus bersinergi dengan instansi vertikal lain.

“Apalagi urusan minol kemarin, itu bukan tertangkap di pelabuhan atau laut, tapi tertangkap sudah masuk gudang. Kalau tidak bersinergi, telat sedikit bisa lolos,” kata Sanem kepada posbelitung.co, Kamis (18/11/2021).

Ia meminta kepada petugas terkait agar lebih ekstra mengawasi, baik di daerah pesisir laut maupun di perairan laut.

“Belitung ini rawan untuk perihal seperti itu, karena Belitung ini di tengah-tengah Indonesia dan perairannya jalur ALKI ( Alur Laut Kepulauan Indonesia),” ujarnya.

Sebelumnya, petugas Tim Bea Cukai Tanjungpandan bekerja sama dengan Tim Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Sumatera Bagian Timur mengagalkan penyelundupan 10.515 botol minuman mengandung etil alkohol (MMEA) ilegal tanpa dilengkapi pita cukai pada Senin (8/11/2021) lalu.

Kepala Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai (KPPBC) TMP C Tanjungpandan, Jerry Kurniawan mengatakan, pihaknya telah menghitung jumlah kerugian negara yang ditimbulkan dari penyelundupan tersebut.

"Dalam penindakan menimbulkan kerugian negara sekitar Rp16.874.325.000 atas biaya barang kena cukai, PPN dan lainnya. Tapi ini hanya penghitungan sementara," kata Jerry, Jumat (12/11/2021).

Minol tersebut diamankan di halaman perusahaan ekspedisi di Tanjungpandan hendak menuju Jakarta. (*)

Artikel ini telah tayang di PosBelitung.co dengan judul “Ribuan Botol Miras Ilegal yang Berhasil Diamankan Bea Cukai Rugikan Negara Rp16,8 Miliar.

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved