Breaking News:

Siapkan Payung atau Jas Hujan, BMKG Prediksi Wilayah Bangka Belitung Diguyur Hujan hingga Besok

Dikarenakan cuaca tak menentu, Kurniaji menyarankan agar masyarakat tetap waspada dan mengantisipasi saat berkegiatan di luar rumah.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Novita
Harian Warta Kota/Henry Lopulalan
ILUSTRASI hujan 

POS.BELITUNG.CO, BANGKA - Sejumlah wilayah di Pulau Bangka diguyur hujan sejak malam kemarin, Kamis (18/11/2021).

Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat ini diprediksikan akan terjadi hingga sore hari ini, Jumat (19/11/2021).

Bahkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, memprediksikan beberapa kabupaten akan diguyur hujan hingga besok atau dini hari Sabtu (20/11/2021).

"Diperkirakan hujan sampai sore, tapi ada beberapa daerah yang juga punya potensi hujan lanjutan pada dini hingga pagi hari, seperti Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan dan Belitung," jelas Kepala Seksi data dan Informasi BMKG Pangkalpinang, Kurniaji.

Dia juga mengingatkan, hujan sedang hingga lebat disertai angin cukup besar juga berpotensi terjadi pada siang hingga sore hari ini di wilayah Bangka dan Bangka Tengah.

"Kalau Pangkalpinang, diprakirakan hanya hujan ringan hingga sedang pada siang hingga sore," imbuhnya.

Dia menyebut, kondisi cuaca serupa akan terjadi di Pulau Bangka hingga akhir Januari 2022 nanti.

"Tidak hanya Bulan November, cuaca seperti ini akan berlangsung hingga akhir Januari. Bulan Februari umumnya cenderung turun, tapi Maret dan April biasanya akan kembali menguat," tambahnya.

Pihaknya juga rutin menerima data lokasi yang kerap terjadi genangan, terutama di kota Pangkalpinang.

"Rutin kami terima laporan dari grup-grup kebencanaan, terutama Pusdalops, tetapi masih dalam skala yang kecil dan tidak terlalu menghawatirkan atau cepat sekali surut. Yang cukup luas, pernah terjadi di Kawasan Kota Pangkalpinang (Rangkui, Taman sari dan Gerunggang) pada tanggal 7 November 2021 lalu," bebernya.

Dikarenakan cuaca tak menentu, Kurniaji menyarankan agar masyarakat tetap waspada dan mengantisipasi saat berkegiatan di luar rumah.

"Tetap waspada, jaga keamanan, siapkan payung atau jas hujan serta kondisi tubuh juga perlu diperhatikan," ucapnya. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved