Breaking News:

Selangkah Lagi RSUD Marsidi Judono Belitung Bakal Terima Predikat Pembangunan ZI Menuju WBK

Rombongan tim penilai Kemenpan RB telah melakukan verifikasi lapangan di RSUD pada tanggal 16 November 2021 lalu.

Penulis: Dede Suhendar | Editor: Novita
IST/Dokumentasi RSUD Marsidi Judono
Tim penilai Kemenpan RB berfoto bersama Direktur RSUD Marsidi Judono, dr Hendra SpAn, usai verifikasi lapangan. 

POSBELITUNG.CO, BELITUNG - Tinggal selangkah lagi RSUD Marsidi Judono Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, akan mengantongi predikat Zona Integritas (ZI) menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM).

Rombongan tim penilai Kemenpan RB telah melakukan verifikasi lapangan di RSUD pada tanggal 16 November 2021 lalu.

Terdapat enam area perubahan yang dinilai, meliputi manajemen perubahan, penata tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

"Menurut tim penilai, tinggal satu tahapan lagi untuk menentukan apakah RSUD Marsidi Judono layak memperoleh predikat unit kerja yang melakukan pembangunan ZI menuju WBK, jadi mohon doanya," kata Direktur RSUD Marsidi Judono, dr Hendra SpAn, kepada Posbelitung.co, Selasa (23/11/2021).

Ia menjelaskan, sebelumnya RSUD Marsidi Judono bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) serta Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, ditunjuk oleh Bupati Belitung sebagai unit kerja yang diajukan untuk penilaian pembangunan ZI menuju WBK pada tahun 2021.

Namun jauh sebelumnya, manajemen UPT RSUD sudah melakukan berbagai persiapan dan perbaikan secara internal.

Di antaranya, membentuk tim ZI dan penandatanganan komitmen bersama untuk melaksanakan pembangunan zona integitas dan menetapkan agen perubahan.

Secara eksternal, manajemen juga melakukan benchmark ke institusi vertikal yang sudah meraih ZI menuju WBK WBBM, seperti Kejari Belitung, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan, Kantor KPPN Tanjungpandan, untuk berdiskusi dan berbagi (sharing) tentang kiat dalam pembangunan zona integritas.

"Kami juga membuat inovasi pelayanan dan melakukan monitoring evaluasi, serta melengkapi persyaratan di enam area perubahan tersebut," jelasnya.

Kemudian, pada tanggal 10 November 2021 lalu, para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang diusulkan, diminta memaparkan upaya dan hasil pembangunan zona integritas yang telah dilakukan melalui zoom meeting.

Dari tiga OPD yang diusulkan, akhirnya diputuskan dua OPD yang dimintak desk presentasi, yaitu RSUD Marsidi Judono dan Disdukcapil Kabupaten Belitung.

Selanjutnya, menindaklanjuti hasil presentasi, tim Kemenpan RB melakukan penilaian langsung ke dua OPD tersebut.

"Kami ingin RSUD menjadi pelopor unit kerja di Kabupaten Belitung yang meraih predikat pembangunan ZI menuju WBK. Sehingga ini menjadi momentum membangun pola pikir dan budaya kerja sesuai tujuan, dan komitmen kami untuk terus memberikan pelayanan yang bermutu dan prinsip keselamatan pasien menjadi hal utama," kata Hendra. (Posbelitung.co/Dede Suhendar)

Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved